BLOG

Wawancara dengan Pesantren Penulis

Berikut adalah wawancara saya dengan Pesantren Penulis. Wawancara ini juga bisa Anda simak di website pesantren penulis dengan link berikut (klik):

Tanya: Sejak kapan Anda tertarik dan suka menulis? Bisa diceritakan perjalanan Anda menjadi seorang penulis?

Saya: Saya mulai rutin menulis sejak tahun 2010. Awalnya saya mengikuti banyak seminar dan pelatihan. Saya melihat semua pembicara hebat dan orang sukses menulis buku, dan benar adanya, saya mendapat inspirasi dari salah satu seminar yang diisi oleh Ibu Sofie Beatrix (pendiri AsamediaMu) beliau mengatakan, “Jika kau ingin mengenal dunia, membacalah. Tapi jika ingin dunia mengenalmu, maka menulislah.”

Tanya: Apakah Anda setiap hari menulis? Setiap jam berapa paling nyaman untuk menulis? Dan berhasil menulis berapa halaman setiap harinya?

Saya: Semenjak tahun 2011 saya berkomitmen untuk menulis setiap hari. Tidak banyak, hanya 1 artikel tiap pagi di DhonyFirmansyah.com. Artikel-artikel itulah yang selama ini jadi inspirasi saya lebih dalam untuk menulis buku. Ukuran saya bukan berapa halaman yang berhasil saya tulis tiap hari. Tapi berapa banyak orang yang tergerak untuk hidup lebih baik dengan tulisan saya.

Alhamdulillah dari tahun 2010 hingga 2013 saya sudah menulis 3 buah buku, dan diterbitkan oleh penerbit mayor. Saat ini saya sedang menyelesaikan buku ke-4 dan satu buku bahasa Inggris, rencana saya ingin menembus Pearson publication Intl.

Tanya: Buku apa yang paling suka Anda baca? Karya siapa yang paling banyak memengaruhi karya-karya Anda?

Saya: Saya seorang trainer presentasi dan desain slide. Maka saya harus memiliki dua referensi utama untuk pengembangan diri saya. Yang pertama adalah buku untuk para trainer, presentasi dan pengembangan diri. Guru saya untuk dunia pelatihan adalah Pak Jamil Azzaini. Oleh karena itu saya punya semua koleksi buku beliau, mulai dari Kubik Leadership hingga karya keenam-nya ON. Beliau sangat inspiratif bagi saya.

Kedua, saya seorang trainer desain slide powerpoint, oleh karena itu skill desain slide saya harus tetap terasah. Saya memiliki guru desain slide, Garr Reynolds. Beliau adalah pakar desain dan komunikasi, professor di Kansai Gaidai University, Osaka, sekaligus penulis buku best seller dunia “Presentation Zen”.

Saya sudah membaca semua buku beliau (4 karya) dan beliau lah yang selama ini memandu saya untuk menulis buku saya di tahun 2013.

Tanya: Motivasi apa yang mendorong Anda untuk menulis buku dan novel?

Saya: Dunia bisa berubah karena hal kecil. Hal itu adalah ide. Namun ide tidak ada artinya jika tetap kita pendam dan tidak kita sharring pada orang lain. Komunikasi verbal itu terbatas dan mudah untuk terlupakan. Ketika kita berbicara dengan teman kita hari ini, belum tentu besok kita bisa ingat apa yang kita ungkapkan saat itu.

Berbeda halnya dengan tulisan. Tulisan adalah sesuatu yang everlasting. Jika kita lupa, kita bisa membacanya kembali. Apalagi saya memiliki impian untuk menginspirasi 5 juta orang di tahun 2020. Tentu tanpa bahasa tulisan, akan sangat sulit mewujudkannya.

Tanya: Siapa penulis yang menginspirasi bagi Anda untuk aktif menulis?

Saya: Guru saya, Jamil Azzaini (inspiratos SuksesMulia) menulis tiap hari. Kita harus iri terhadap hal-hal positif. Jika beliau mampu kenapa saya tidak.

Tanya: Apa buku terbaru (karya Anda) yang baru-baru ini diterbitkan? Apa yang melatarbelakangi Anda menulis buku tersebut?

Pages: 1 2

TAGS > , , , ,

Post a comment