BLOG

Warna untuk Bisnis dan Presentasi

Warna memiliki peran yang sangat besar dalam hidup manusia. Khususnya tentang keindahan dan kreatifitas. Dengan warna segala sesuatu bisa menjadi sangat indah, sebaliknya, saya tidak tahu apa jadinya kehidupan manusia jika warna tidak dikenal di sekitar kita. Mata manusia mampu mengenali jutaan perbedaan warna. Warna juga sangat berpengaruh dalam bisnis maupun presentasi. Sebuah perusahaan bahkan seringkali memiliki kode warna khusus yang mampu menggambarkan culture dan core competence bisnis mereka. Nah, tulisan saya ini akan membahas konsep dasar warna untuk bisnis dan presentasi yang saya kutip dari sebagian kecil artikel Mary Stribley. Apa sajakah itu? Silakan disimak:

1- Pahamilah makna dari masing-masing warna

Sebelum menentukan apa warna untuk bisnis dan presentasi yang cocok, setidaknya kita harus sama-sama mempelajari karakter dasar dari masing-masing warna. Biru misalnya, menunjukkan kecerdasan dan kejelasan. Merah menunjukkan gairah dan semangat yang tinggi. Orange, memiliki makna kehangatan dan persahabatan. Memahami masing-masing karakter warna akan mempermudah Anda menentukan warna untuk bisnis dan presentasi. Berikut referensi singkatnya:

Beberapa contoh makna dari warna.

Salah satu contoh aplikasinya ada dalam logo perusahaan saya Kreasi Presentasi yang berwarna biru dan orange yang artinya smart dan bersahabat.

2- Dapatkan warna ideal dari alam

Untuk mendapatkan warna yang ideal bagi bisnis maupun presentasi, Anda bisa melakukan cara sederhana berikut. Cobalah search di Google atau Bing tentang image pemandangan alam yang colorful. Lalu, ambillah sebagian warna yang ada di dalamnya sebagai warna dasar (palet) bisnis maupun presentasi Anda. Cari kode warna dari palet tersebut dengan menggunakan software seperti Photoshop. Nah, kode warna tersebut siap dipadukan dalam template bisnis maupun presentasi Anda. Berikut contohnya:

Contoh palet warna dari pemandangan alam (Photobucket.com).

3- Jadikan template dasar warna untuk bisnis dan presentasi Anda

Setelah warna tersebut Anda temukan kodenya, maka Anda sudah bisa mulai mendesain warna dasar untuk bisnis dan presentasi Anda. Untuk bisnis, palet tersebut bisa Anda pakai dalam logo, map, surat, kartu nama dan sebagainya. Sedangkan untuk presentasi, Anda bisa gunakan dalam template dasar Powerpoint maupun Keynote. Berikut adalah contoh palet warna yang telah diaplikasikan dalam identitas perusahaan:

Identitas perusahaan tampak jelas dengan bantuan palet warna yang seragam (Ukietech.com).

4- Identikkan template dasar dengan style Anda

Setelah Anda sudah mendapatkan template dasar warna untuk bisnis maupun presentasi Anda, maka Anda tinggal memadukannya dengan style Anda. Jika Anda seorang presenter, maka cobalah membawa identitas corporate di setiap presentasi, misal mengenakan baju seragam perusahaan maupun menggunakan poin of interest yang menunjukkan kelebihan Anda. Sebagai contoh, jika di forum publik, saya selalu menggunakan kaos yang bertuliskan kanji Jepang, seperti 夢 (yume atau impian) karena saya mempelajari ilmu desain slide dan presentasi salah satunya dari negeri sakura. Sebaliknya, jika di forum corporate saya seringkali mengenakan baju batik dengan tulisan Amazing Slide Presentation, untuk mempromokan workshop tersebut.

Nah, inilah ilmu dasar warna untuk bisnis dan presentasi Anda, semoga bermanfaat. Oya, bagi Anda yang ingin mendalami tentang warna dalam presentasi, silakan mengikuti agenda Kreasi Presentasi bulan Agustus yaitu workshop infografis dan visual marketing di Jakarta 8 & 9 Agustus serta workshop desain slide presentasi di Surabaya 29 & 30 Agustus 2015 dengan menghubungi Bu Isti 0857 3333 0407 atau WA 08123 576 3366.

Salam Amazing.

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment