BLOG

Visualisasi Slide dengan Ikon

Dalam infografis salah satu elemen yang paling sering digunakan adalah ikon. Elemen ini mewakili sebuah logo, simbol atau lambang dari inti pembahasan slide presentasi. Visualisasi slide dengan ikon di Powerpoint mulai marak sejak booming infografis dimana-mana. Termasuk juga pelatihan infografis, Amazing Slide Infographic diburu oleh banyak perusahaan sebagai salah satu workshop infografis terbaik di Indonesia.

Hal ini terbukti dengan dipercaya-nya Amazing Slide di lebih dari 126 corporate terbaik negeri ini. Jika Anda ingin bekerja sama dengan saya dan tim Kreasi Presentasi dalam training infografis ini, silakan hubungi Bu Kuma 0857 3333 0407 untuk penawaran istimewa-nya.

Oke.. kembali ke topik visualisasi slide dengan ikon di Powerpoint. Mengapa visualisasi slide dengan ikon itu penting? Meri-Tuuli Nevala seorang desainer dan inbound strategist di Havain Finlandia menjelaskan pentingnya ikon sebagai berikut:

 

1- Ikon Memiliki Makna

Tidak seperti bullet point yang terkesan tanpa makna, ikon merupakan perwakilan dari konten slide presentasi. Artinya ikon sendiri bisa menggantikan bullet point dengan berbagai kelebihan. Gambar dari ikon memudahkan audiens meng-asosiasikan tulisan dengan gambar. Ini menjadikan otak kita mengingat jauh lebih lama (Jessica Gioglio & Ekaterina Walter: The Power of Visual Storytelling). Tentu saja, karena kita lebih mudah mengingat gambar dibanding kata-kata.

Contoh gambar amplop yang mewakili email di slide Powerpoint

Sebagai contoh, gambar amplop surat seringkali diasosiasikan dengan email. Sehingga untuk menunjukkan email, cukup menempatkan ikon amplop di slide presentasi kita.

 2- Ikon Menarik Perhatian

Ikon lebih menarik perhatian dibanding teks yang tersusun di dalam paragraf, atau slide yang berisi bullet point dan diikuti oleh kalimat. Menarik perhatian adaah satu langkah plus untuk membuat audiens menyukai presentasi kita. Dan ikon bisa mewakilinya. Dengan bentuk yang sederhana namun elegan, ikon juga mampu meningkatkan kepercayaan diri Anda sebagai presenter.

Contoh ikon yang menggantikan bullet point sehingga slide Powerpoint lebih eyecatching.

 3- Ikon Mempercepat Audiens Membaca dan Mengerti Slide

Salah satu kendala terbesar pada slide yang penuh dengan teks adalah kejenuhan audiens dalam skiming teks atau membaca satu per satu kalimat dalam paragraf tersebut. Kejenuhan ini bisa diatasi salah satunya melalui visualisasi slide dengan ikon. Dengan ikon, jarak antara satu kalimat dengan kalimat lainnya sedikit berjauhan, hal ini menciptakan ruang kosong yang memudahkan mata dan otak audiens beristirahat sejenak untuk mencerna kalimat. Selain itu slide juga akan lebih mudah dipahami karena keberadaan ikon dan keterangan-nya mewakili makna dari kalimat di dalam slide presentasi.

Keberadaan ikon membuat jarak antara satu kalimat dengan kalimat lain sedikit menjauh, menciptakan ruang kosong yang indah secara visual.

Nah, itulah 3 alasan mengapa kita perlu visualisasi slide dengan ikon, selain membuat slide tampak lebih profesional, slide presentasi kita juga akan lebih mudah diingat dan eyecatching.

Moga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Salam Amazing.

Klik gambar untuk memesan buku seri Amazing Slide secara online.

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment