BLOG

Trik Tersembunyi Powerpoint

Bagi Anda pengguna Powerpoint, artikel ini akan sangat bermanfaat bagi Anda. Saya akan mengungkap trik tersebunyi Powerpoint yang pastinya memudahkan Anda untuk menyusun bahan presentasi jauh lebih cepat, dan fitur-fitur wow yang baru kita sadari. Sebagian artikel ini saya sadur dari Power User Software yang juga mengungkap hal yang sama. Oke, tanpa berlama-lama, apa saja trik tersembunyi Powerpoint tersebut? Silakan simak paparan berikut:

1- Mengembalikan File yang Belum Tersimpan

Seringkali kita lupa menyimpan file presentasi yang baru saja kita buat. Atau jika kita lupa mencolok komputer ke sumber daya listrik, atau saat laptop kita kehabisan baterai, file yang tak tersimpan akan sangat merugikan. Ternyata Powerpoint memiliki fasilitas untuk mengembalikan file yang belum sempat kita simpan. Silakan Anda buka kembali Powerpoint Anda, klik “File” dan pilih “Open”. Disana akan ada “Recent Presentation” dan ada kita di bagian bawah yang bertuliskan “Recover Unsaved Presentations”, klik saja, maka file yang belum Anda simpan akan kembali seperti semula.

2- Modifikasi Cepat Quick Access ToolBar

Trik tersembunyi Powerpoint berikutnya adalah cara cepat memodifikasi Quick Access Toolbar. Fitur ini ada di bagian atas Powerpoint Anda.
Fitur ini semacam shorcut untuk tombol-tombol penting di Powerpoint Anda. Modifikasi Quick Access Toolbar bisa Anda lakukan dengan mengklik panah arah ke bawah yang ada di samping kanannya. Lalu Anda akan masuk ke tabel “Powerpoint Option”. Anda tinggal menambahkan apa-apa (“add”) perintah yang sering Anda pakai dan menurut Anda sangat penting di tabel tersebut.

3- Mengubah SmartArt menjadi Shapes

Jika kita sering membuat diagram, maka SmartArt adalah salah satu solusi tersepat. Sayangnya, selama ini kita menganggap SmartArt memiliki bentuk yang fixed dan tidak bisa dimodifikasi. Ternyata SmartArt bisa Anda ubah menjadi shapes dan bisa diatur secara manual. Anda tinggal mengklik kanan SmartArt tersebut dan pilih tombol “ungroup”, maka SmartArt Anda langsung berubah menjadi shapes dan bisa Anda modifikasi.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment