Tren Warna Dunia

Di seri workshop Amazing Slide, baik itu desain slide profesional (Amazing Slide Presentation) ataupun pelatihan infografis (Amazing Slide MiniMAX), saya selalu menjelaskan dengan detail tentang warna. Salah satu materi yang saya sampaikan adalah tren warna dunia dan perubahannya dari tahun ke tahun. Mengapa kita harus mempelajari tren warna? Tahukah Anda, tren warna mempengaruhi desain dan packaging barang maupun jasa dari tahun ke tahun, entah itu fashion, kosmetik, properti, otomotif dan sebagainya. Tren warna dunia juga membentuk model pendekatan pola komunikasi masyarakat dunia secara umum. Termasuk diantaranya presentasi dan tampilan slide. Oleh karena itu sebuah hal positif jika kita mengetahui perubahan apa yang terjadi di dunia warna tiap tahunnya.

Adalah Pantone, sebuah perusahaan yang memiliki wewenang internasional untuk menentukan teknologi dan tema warna tiap tahunnya. Hasil riset mereka kemudian disebar ke seluruh penjuru dunia. Berikut saya rangkum tren warna dunia lima tahun terakhir, dari tahun 2011-2016:

2011 Honeysuckle

Terinspirasi dari warna bunga. Menunjukkan keberanian sekaligus kelembutan. Honeysuckle menawarkan keceriaan dalam hidup keseharian, optimisme dan semangat pun tumbuh.

2012 Tangerine Tango

Dominasi warna orange menjadi dasar warna ini. Tangerine tango sangat mempengaruhi warna dunia kosmetik dan properti di tahun 2012. Berikut sejumlah produknya:

2013 Emerald

Emerald atau jamrud menjadi tren warna dunia tahun 2013. Banyak juga yang menyebut warna ini dengan biru tosca. Tahun yang banyak disebut mendorong manusia kembali ke alam. Warna emerald berkarakter natural dan tenang. Emerald menggambarkan harmonisme kehidupan anatar teknologi dan alam.

2014 Radiant Orchid

Terinspirasi dari anggrek, radiant orchid merupakan perpaduan warna ungu dan pink. Menggambarkan keajaiban dan inspirasi. Menurut foundernya, radiant orchid menggambarkan kemuliaan hidup, kesehatan dan cinta.

2015 Marsala

Apa tren warna dunia tahun lalu? Ternyata tidak banyak yang mengerti bahwa warna tahun 2015 adalah marsala. Template warna baru yang terinspirasi dari batang pohon dan beningnya warna coklat dari minuman teh. Warna marsala menunjukkan harmoni alam, kesejahteraan hidup, dan kepedulian pada sesama.

2016 Rose Quartz & Serenity

Dan, untuk tahun 2016 ini, pertama kalinya Pantone memilih 2 warna sebagai tren warna dunia. Yang pertama adalah rose quartz yang terinspirasi dari warna pink bunga mawar dan kelembutan sutera. Warna rose quartz menunjukkan kelembutan. Sedangkan warna kedua adalah serenity, yang diambil dari perpaduan biru laut dan langit yang menggambarkan kedamaian.

Nah, itulah tren warna dunia mulai tahun 2011 hingga 2016, semoga makin membuka wawasan kita tentang nuansa warna yang memukau. Materi warna dan aplikasinya dalam slide presentasi bisa juga Anda pelajari di workshop Amazing Slide. Kebetulan bulan Januari ini diadakan di jakarta, 23 & 24 Januari 2016 di Hotel Diradja, Tendean Jakarta. Silakan daftar melalui Bu Isti di nomor 0857 3333 0407 atau nomor yang tertera di poster berikut.

Salam Amazing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.