Tren Desain Powerpoint setelah 2017

Perkembangan teknologi memang luar biasa. Termasuk Microsoft Office Powerpoint. Bila kita flashback ke masa lalu, di tahun 2005 kita mengedit image, font, dan warna menggunakan Adobe Photoshop, kini smua itu bisa dilakukan oleh Powerpoint 2016.

Nah, sebagai seorang penyaji materi presentasi atau presenter, kita wajib memberikan yang terbaik kepada para peserta, termasuk salah satunya adalah visualisasi slide presentasi. Visualisasi yang profesional dan eyecatching adalah tuntutan zaman yang saat ini serba visual. Ilmu dan teknologi terus berkembang, termasuk desain dan selera audiens tentang visualisasi slide presentasi. Oleh karena itu, alangkah baiknya kita juga mengetahui apa saja tren desain Powerpoint setelah 2017, supaya presentasi kita up to date dan sesuai dengan perkembangan zaman. Oya.. artikel ini sebagian besar saya rangkum dari tulisan James Syngai, kontributor Chillibreeze. Apa sajakah tren desain Powerpoint setelah 2017? Ini pembahasannya:

1- Ukuran slide

Sebelum tahun 2010, Powerpoint menggunakan 4:3 sebagai ukuran standar slide presentasi. Zaman telah berubah. Dengan maraknya pengguna smartphone saat ini, tren desain Powerpoint setelah 2017 mengalami perubahan. Visualisasi standar yang dipakai Powerpoint adalah 16:9. Ukuran ini memiliki banyak dampak positif, selain luas bidang yang lebih mudah dalam penempatan elemen slide presentasi, juga karena ukuran slide ini sangat pas dilihat melalui smartphone dengan mode landscape. Ukuran 16:9 disebut juga ukuran slide yang dinamis dan responsif. Berikut adalah perbandingan slide ukuran 4:3 (kiri) dan 16:9 (kanan).

2- Background dan Image

Saat ini visualisasi flat design yang simpel dan sederhana menjadi tren yang mendunia (silakan baca tulisan saya tentang flat design dan infografis berikut ini). Mengapa? Yang pertama, dengan visualisasi flat design, latar belakang yang fancy, terlalu banyak gambar berubah menjadi sederhana, polos. Entah itu tampilan latar belakang yang terang maupun gelap. Ini membuat audiens fokus dengan pesan di dalam slide. Yang kedua, background yang polos akan menurunkan ukuran file Powerpoint menjadi jauh lebih kecil dan ringan untuk dibuka. Ii adalah contoh visualisasi latar belakang Powerpoint versi lama (kiri) dan versi baru (kanan).

3- Warna

Perubahan tren desain Powerpoint setelah 2017 berikutnya adalah dalam hal warna. Sebagian besar warna slide Powerpoint saat ini bukanlah warna yang lazim ditemui, namun berupa perpaduan antara dua atau lebih warna. Selain perpaduan, rata-rata warna yang dihasilnya cerah, namun teduh di mata. Ini disebut dengan warna pastel. Untuk menentukan tema warna yang pas dalam presentasi Anda bisa menggunakan inspirasi image dari design-seeds atau Anda kombinasikan sendiri gambar yang ingin Anda pakai sebagai tema warna. Berikut adalah contoh tema warna sebelum 2017 dan saat ini. Oya.. untuk shapes, gunakan warna-warna yang solid, hindari gradasi warna maupun transparansi.

4- Font

Ada banyak tulisan saya yang membahas tentang font. Salah satunya adalah tulisan tentang kombinasi font terbaik untuk slide presentasi berikut ini lengkap dengan link download font (klik). Namun untuk memudahkan pembahasan font, menurut James Syngai font yang bagus untuk visualisasi slide adalah font berjenis Sans Serif, sedangkan font yang ideal untuk huruf cetak yang di-print out adalah font Serif. Berikut contoh visualisasinya:

5- Data & Grafik

Dan yang terakhir, tren desain Powerpoint setelah 2017 adalah tentang visualisasi data dan grafik. Desain visualisasi data modern cenderung lebih sederhana, tidak terlalu banyak variabel. Sebagai contoh, tren desain saat ini cenderung menggunakan tampilan 2 dimensi yang simpel. Tren desain saat ini juga meminimalisir legenda, skala yang variabel grafik lainnya yang mengganggu sehingga data lebih mudah ditangkap dan gampang dipahami.

Saat ini tren tersebut seringkali disebut dengan infografis, yaitu teknik untuk membuat tampilan data lebih visual dan mudah dipahami audiens. Untuk hal ini, saya dan tim Kreasi Presentasi siap untuk membantu Anda dalam pelatihan infografis Amazing Slide Infographic, silakan hubungi Bu Isti 0857 3333 0407.

Nah, itulah rangkuman tren desain Powerpoint setelah tahun 2017, semoga manfaat untuk slide dan presentasi Anda.

Salam Amazing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.