BLOG

Tips Visualisasi Hasil Survei

Tips Visualisasi Hasil survei menjadi hal yang perlu untuk dibahas karena era data ini menjadikan akses informasi yang begitu cepat dan pesat. Sebelum memvisualisasikan data, Anda akan berhubungan dengan ribuan bahkan jutaan data yang sulit untuk dipahami. Seringkali data-data yang ada adalah data yang masih abstrak, apalagi jika data tersebut merupakan data hasil survei, tentu perlu serangkaian proses untuk menjadikan data tersebut siap untuk dikonsumsi. Adalah tugas Anda untuk mengkomunikasikan data yang mudah dipahami kepada audiens agar data dan informasi dapat tersampaikan secara efektif dan efisien. Silakan simak tips visualisasi hasil survei yang kami ulas dari Visage.co:

1- Organisasikan Data Secara Logis

Tips Visualisasi hasil survei yang pertama yakni organisasikan data secara logis. Saat melakukan sebuah survei, Anda akan mendapatkan data mentah yang perlu direduksi terlebih dahulu. Usahakan untuk tidak langsung menampilkannya, Anda perlu mengorganisasikan data agar pesan utama yang ada dalam data tersebut mudah dipahami. Misalnya data Anda berupa kuantitas, usahakan untuk mengurutkannya dari terkecil ke terbesar agar mudah dipahami. Dengan begitu, presentasi Anda akan berjalan dengan sukses.

2- Jangan Memangkas Informasi yang Diperlukan

Hanya karena kesederhanaan itu penting, bukan berarti Anda memaksakan memangkas terlalu banyak informasi. Usahakan untuk memangkas informasi yang kurang penting saja agar tidak mengganggu efektifitas penyampaian pesan kepada audiens. Menampilkan terlalu banyak angka memang kurang baik, namun jika hal itu penting, Anda boleh menampilkannya.

3- Skema Warna Konsisten

Gunakan skema warna yang konsisten agar audiens tidak salah dalam menggambarkan data yang ada jika menampilkan warna yang terlalu beragam. Misalnya Anda akan menampilkan grafik batang, tampilkan warna yang konsisten pada masing-masing variabelnya. Selain warna, perhatikan pula beberapa elemen penting yang perlu diperhatikan dalam mendesain infografis mulai dari hierarki visual, margin, dan masih banyak lagi. Silakan baca selengkapnya dalam tajuk Elemen Penting Mendesain Infografis.

4- Sederhanakan Desain Anda

Desain yang berlebihan akan membuat pesan utama menjadi sulit tersampaikan karena mengalihkan perhatian audiens hingga terlalu fokus memperhatikan desain Anda, bukan pesan utama. Perlu diingat bahwa tujuan desain adalah membantu pemahaman audiens. Jangan biarkan desain yang terlalu lebay itu mengganggu konsentrasi audiens dalam presentasi. Usahakan tidak ada elemen apapun yang mengganggu tampilan data Anda.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment