BLOG

Tips Visual Marketing

Untuk meningkatkan penjualan barang dan jasa, visual marketing adalah salah satu langkah terkini untuk merangkul kustomer. Visual marketing memadukan gambar dan tulisan dalam satu media untuk mendekatkan produk kita kepada konsumen, sekaligus mempengaruhi audiens untuk meningkatkan curious (rasa ingin tahu) terhadap produk tersebut. Keingintahuan akan kian mendekatkan, sehingga meingkatkan kemungkinan closing produk.

Nah, ada beberapa tipe image yang bisa kita gunakan dalam visual marketing. Setiap tipe memiliki kelebihan dan kekurangan. Penggunaan tipe image yang tepat akan memudahkan pendekatan produk terhadap kustomer. Apa saja tipe image tersebut? Berikut tips visual marketing tentang tipe image, yang saya angkat dari buku “The Power of Visual Storytelling” dengan modifikasi kata dan contoh dari saya pribadi:

1. Foto

Setiap momen merupakan momen untuk mengabadikan image. Di dunia maya, foto merupakan bukti visual seperti apa kita sesungguhnya. Apakah profesional, apakah bisa dipercaya, atau hanya sekedar pencitraan. Foto menunjukkan apa-apa yang berharga bagi kita, sehingga sangat baik untuk mendekatkan kustomer melalui emosi dan perasaan. Bagi personal, sharinglah foto yang menunjukkan Anda seorang yang friendly dan amanah. Sedangkan bagi perusahaan, foto bisa mencerminkan profesionalitas dan eksistensi perusahaan bersama dengan produk yang dimiliki. Sebagai contoh, berikut adalah 2 foto saya, yang pertama foto personal saya (sebagai ayah) bersama dua buah hati ketika berada di Kariya-shi Jepang. Sedangkan foto berikutnya adalah foto saya (sebagai Pakar Slide Presentasi) ketika workshop slide presentasi di Sakae, Nagoya.

Saya dan Kumiko chan serta Naoki kun di Kariya shi.

Saya bersama para peserta workshop Amazing Slide Presentation di Sakae, Jepang.

2. Data

Data adalah bukti argumentatif sehingga apa yang kita sampaikan memiliki bukti dan referensi yang kuat. Jika produk Anda merupakan high technical product, maka data adalah pilihan terbaik mem-visualkan produk Anda. Banyak orang-orang visual yang respek terhadap data melalui grafik, tabel maupun diagram daripada sekedar informasi tertulis. Berikut adalah contoh slide Tim Cook (CEO Apple) yang menampilkan data.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment