BLOG

Tips Sukses Ulet dan Telaten

Tips Sukses. Ketika kita sudah memiliki impian dan menuliskannya, maka tugas kita selanjutnya adalah memantaskan diri untuk mewujudkan impian tersebut. Jika impian Anda ingin menjadi seorang pengusaha kuliner terbaik maka bermimpi dan menuliskannya saja tidak cukup. Anda pun harus berusaha sekuat tenaga untuk membuktikan bahwa Anda layak menyandang prestasi itu. Dengan menjalin koneksi dengan pengusaha kuliner yang lain, belajar seputar bisnis kuliner hingga optimasi dunia maya dan gadget yang Anda miliki, ini semua adalah contoh langkah demi langkah untuk meraih kesuksesan.

Ulet dalam belajar, dan telaten dalam mengambangkan diri. Inilah salah satu karakter orang-orang sukses. Lebih tepatnya tips sukses. Namun sayang, tidak banyak orang yang mampu ulet dan telaten dalam memantaskan diri meraih kesuksesan. Padahal saya yakin, hampir semua orang ingin sukses dalam hidupnya. Sebagai contoh saya pernah ditanya oleh seseorang yang ingin sukses, dan mau belajar optimasi dunia maya. Saya berkata pada dia, “Insya Allah saya siap membantu Anda. Tugas pertama, silakan Anda buat blog pribadi. Dan dalam waktu seminggu ini, silakan tulis 3 macam artikel orisinil. Lalu temui saya, saya pasti bantu.” Terus terang saya ingin melihat kesungguhan rekan saya tadi, untuk belajar optimasi dunia maya. Namun sayangnya, hingga sebulan berlalu, tidak ada satu artikel pun yang dia buat. Padahal saya sudah memberi referensi beberapa blog sebagai perbandingan dan langkah-langkah menulis artikel. Memang ulet dan telaten itu tidaklah mudah.

Ulet dan telaten merupakan modal dasar untuk meraih sukses. Jika kita tidak ulet dan telaten, saya yakin kesuksesan akan kian berat untuk direngkuh. Lalu bagaimana supaya kita ulet dan telaten? Ini tips sukses dari saya:

  1. Tentukan prestasi terbaik apa yang ingin Anda raih. Bukan sekedar prestasi pribadi, namun juga prestasi yang menjadikan Anda manfaat bagi banyak orang. Misal, menjadi guru teladan, itu prestasi pribadi. Alangkah lebih baik jika diganti dengan “menjadi guru teladan yang mampu membangun sekolah gratis untuk anak yatim“, misalnya. Ini lebih bermanfaat.
  2. Buat jadwal harian, dan pastikan jadwal harian itu memiliki waktu untuk: 1-mengembangkan keahlian, 2-membina spiritual dan 3-merangkai jaringan sukses. Misal: saya tiap hari mewajibkan diri saya untuk menulis artikel bahasa Indonesia di blog ini, dan bahasa inggris di blog yang saya sudah siapkan ketika saya berada di Jepang. Ini adalah contoh mengembangkan keahlian. Kedua, saya mewajibkan diri saya sholat bersama keluarga dan bareng-bareng bersama si kecil membaca doa, ini membina spiritual. Dan yang terakhir, saya tiap hari optimasi diri di Twitter (@DhonyFirmansyah) dan email untuk menjawab semua pertanyaan rekan, ini merangkai jaringan sukses. Nah, bagaimana dengan Anda?
  3. Buang rasa malas dan puas. Rasa malas dan merasa puas adalah musuh utama kesuksesan. Malas menghilangkan semangat untuk terus belajar. Dan rasa puas, membuat Anda lupa akan persaingan. Padahal jika ingin sukses Anda harus jadi yang PERTAMA, bila tidak bisa jadilah yang TERBAIK, kalau tidak mampu jadilah yang BERBEDA. Dan saya yakin, kemalasan dan kepuasan bukanlah sifat ketiganya.
  4. Sering-seringlah berada di lingkungan yang mendukung langkah Anda meraih sukses. Lingkungan menentukan kesuksesan Anda. Lingkungan juga yang berpengaruh pada pribadi Anda. Hati-hatilah dalam memilih lingkungan tempat Anda bergaul dan berbagi rasa. Carilah lingkungan yang positif dan memberi semangat untuk langkah Anda.
  5. Tantang diri Anda untuk terus naik. Dulu saya kesulitan untuk menulis artikel dalam bahasa Inggris. Namun karena impian saya menjadi trainer kelas dunia, saya harus bisa menembus penerbit internasional. Jadi, mau tidak mau saya menantang diri sendiri untuk bisa menulis artikel dalam bahasa internasional pula.

Nah, itu lima tips sukses dari saya supaya Anda terus ulet dan telaten untuk meraih sukses. Yakinlah, bahwa keluarga, saudara, rekan dan negeri Anda menanti kesuksesan yang Anda raih. Selamat berjuang!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di Twitter @DhonyFirmansyah.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment