BLOG

Tips Sukses – Hidup Seimbang

Tips Sukses. Bagi sebagian besar orang, sukses adalah hal yang mutlak yang harus diraih. Saya pun demikian. Mengapa? Karena hidup cuma sekali, sungguh sia-sia jika tidak dioptimalkan. Definisi sukses sendiri ada berbagai macam. Kalau boleh saya mengutip perkataan guru inspirasi saya Jamil Azzaini, sukses adalah tinggi dalam 4-Ta, yaitu Harta, tahta, Kata dan Cinta. Namun di sisi lain, saya mengutip perkataan Billy Boen, yang menyebut bahwa sukses sebenarnya adalah hidup yang seimbang.

Jika boleh saya menggabungkan keduanya, maka saya menyimpulkan bahwa kesuksesan sejatinya adalah hidup yang seimbang dalam 3 hal, yaitu karir, keluarga dan spiritual. Lalu bagaimana tips sukses untuk menyeimbangkan ketiganya? Berikut adalah uraian singkat dari saya:

  1. Karir. Untuk bisa melejitkan karir maka berinovasilah setiap hari. Teruslah belajar dan belajar. Tidak ada kata lain. Bekerja keras adalah mutlak dalam karir. Dan yang pasti, Anda wajib memiliki coach atau guru keahlian, yang siap membantu Anda berlari di jalur kesuksesan. Sukses karir bukan semata-mata banyak harta dan tinggi jabatan, karena itu relatif. Bagi saya, sukses karir berarti kita memperoleh peningkatan keahlian setiap hari, dan keahlian itu menunjang pekerjaan kita. Tentang harta yang diperoleh dan tingkatan kedudukan, bagi saya itu akan otomatis mengikuti kemajuan kita.
  2. Keluarga. Saya yakin seseorang yang melejit dalam karir akan merasa hampa jika keluarganya berantakan. Inilah tips sukses selanjutnya. Menyeimbangkan hidup dengan keluarga. Anda boleh saja menghabiskan waktu di kantor, namun jika sudah waktunya untuk keluarga, maka berikan momen berkualitas untuk istri, suami maupun anak-anak Anda. Ajak mereka bersenda gurau, jalan-jalan, saling curhat dan memberi masukan satu sama lain. Bangun keluarga dengan cinta, karena itu membuat hidup Anda jadi sempurna. Saya pun berusaha menyeimbangkan karir dengan keluarga, memandikan anak saya sebelum berangkat kerja, mengajak mereka jalan-jalan keliling perumahan dan membantu mengerjakan PR mereka adalah momen berharga dalam hidup saya. Sayangnya, tidak sedikit orang yang melupakan keluarganya dengan alasan sibuk dengan karir, padahal saat mereka sakit siapa yang membantu? Saat susah siapa yang mendengar keluh kesah? Keluarga pastinya. Jadi buatlah keluarga Anda sebagai penyokong kesuksesan.
  3. Spiritual. Bagi saya tidak ada penolong yang lebih agung selain Tuhan. Jika kita memiliki masalah, tidak ada yang mampu memberi jalan keluar sebak Dia. Maka, lakukanlah kewajiban Anda pada-Nya. Sebagai muslim sholat-lah 5 waktu, perbanyak ibadah sunah dan berdzikir pada Tuhan. Dengan mengingat Tuhan, kita akan selalu dibimbing di jalur yang benar.

Itulah 3 tips sukses dari saya tentang keseimbangan hidup. Mulai sekarang, yuk sama-sama hidup di jalan sukses yang sebenarnya. Seimbangkan karir, keluarga dan spiritual kita.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , ,

Sorry, the comment form is closed at this time.