BLOG

Tips Presentasi untuk Pebisnis Sibuk

Sebagai trainer yang membantu berbagai perusahaa swasta, BUMN dan Kementerian, seringkali saya berhadapan langsung dengan jadwal pelatihan yang sangat dekat dari satu tempat ke tempat lainnya. Hal ini selain memerlukan kondisi fisik yang prima, juga dibutuhkan kekuatan materi presentasi yang sesuai dengan core competence klien, entah itu di industri pariwisata, manufaktur, keuangan, bahan pangan, telekomunikasi hingga jasa dan berbagai bidang lainnya. Seringkali kesibukan memaksa kita untuk menghadapi persiapan presentasi yang mepet dari satu waktu ke waku berikutnya. Oleh karena itulah saya menulis tips presentasi untuk pebisnis sibuk bagi Anda yang merasa selalu kurang memiliki waktu persiapan presentasi, namun ingin menampilkan performa memukau di hadapan audiens.

Tips presentasi untuk pebisnis sibuk ini selain saya rangkum dari pengalaman pribadi, sebagian juga saya ambil dari artikel dari majalah bisnis Forbes, Amerika yang telah terbukti mampu meningkatkan performa presentasi bisnis berbagai pengusaha di dunia.

1- Bangun Lebih Awal untuk Cek Materi Presentasi

Kondisi yang fit diperlukan oleh setiap pebisnis yang seringkali berkejaran waktu dengan jadwal. Oleh karena itu tips untuk pebisnis sibuk yang pertama adalah bangun lebih awal di hari presentasi untuk mengecek materi presentasi yang akan ditampilkan. Checking ini sangat penting, karena presenter akan mampu merefresh kembali materi dengan mengetahui alur presentasi, mengetahui poin-poin presentasi hingga memprediksi pertanyaan dari para peserta. Cek materi presentasi juga menghindari eror saat slide presentasi ditampilkan di depan audiens yang mempengaruhi kepercayaan diri presenter.

2- Checklist Poin-poin Materi, Tools dan Contoh sesuai Klien

Klien yang berbeda memerlukan contoh penjabaran materi presentasi dengan contoh yang berbeda pula. Oleh karena itu selain mengecek materi presentasi, yang harus Anda lakukan adalah memberikan checklist poin-poin materi presentasi Anda dan memberi contoh berbeda sesuai dengan perusahaan klien. Jangan lupa berikan checklist pula pada perlengkapa atau tools presentasi Anda, mulai dari pointer hingga kabel VGA atau HDMI untuk menghindari lupa dan tidak terbawa.

3- Berlatih Minimal 15 Menit

Apapun yang Anda ingat bisa hilang begitu saja tanpa berlatih presentasi. Paling tidak sediakan waktu minimal 15 menit utuk berlatih presentasi. Hal ini selain memudahkan Anda mengingat kembali materi juga menginternalisasikan materi tersebut dalam otak dan otot Anda. Dengan berlatih, Anda akan kian menyatu dengan materi. Ini menghindarkan Anda dari rasa gugup dan tidak percaya diri.

4- Kaku-lah dengan Jadwal Anda

Bagi Anda yang sibuk, mematuhi jadwal keseharian adalah sebuah keharusan, demikian pula di hari presentasi Anda. Anda wajib kaku dengan jadwal, mulai dari bangun tidur, hingga waktu kedatangan di tempat presentasi. Jadwal yang wajib dipatuhi ini bisa menjadi patokan keseriusan Anda dalam menyiapkan materi presentasi.

5- Desain Slide dengan Sederhana tapi Berkelas

Karena kesibukan, media presentasi seperti slide Powerpoint terkadang diabaikan. Untuk mempersingkat waktu persiapan, tampilkan media presentasi yang sederhana namun mengena dan to the point. Tidak perlu kita sibuk dengan dekorasi slide, karena slide presentasi itu didesain bukan didekor. Nah, bagi Anda yang ingin belajar teknik merancang slide presentasi tersebut, bisa mengikuti Workshop Amazing Slide di Jakarta 8-9 September 2018, bersama saya dan tim Kreasi Presentasi. Silakan hubungi Mbak Ayu di 08123 271 6030 atau klik image di bawah untuk langsung daftar.

6- Datang Lebih Awal ke Tempat Klien

Supaya Anda lebih siap lagi, maka tips presentasi terakhir untuk pebisnis sibuk adalah selalu hadir lebih awal di tempat presentasi. Datang lebih awal menunjukkan komitmen Anda terhadap klien untuk memberikan yang terbaik.

Nah, itulah 6 tips presentasi untuk pebisnis sibuk, semoga bisa membantu performa presentasi Anda. Oya, sekedar mengingatkan, buku terbaru Amazing Slide Videographic memasuki masa Pre Order kedua dengan harga 120 ribu rupiah saja, dari harga normal 140 ribu. Silakan klik image berikut untuk langsung menjadi pendaftar bukunya.

Salam Amazing.

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment