Tips Presentasi – Tema Orisinil

Sebelum artikel ini, saya sudah menulis tips presentasi tentang bagaimana membuat konten orisinil. Nah, dalam artikel ini saya akan lebih mendetailkan bagaimana langkah-langkah membuat tema yang orisinil, tema yang asli, yang gue banget. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda tidak lagi kebingungan mencari materi presentasi dan passion Anda ketika akan tampil membawakan sebuah konten presentasi. Inilah tips presentasi nya.Ada beberapa langkah untuk memudahkan Anda menentukan tema presentasi yang orisinil. Silakan pilih, mana yang menurut Anda paling pas dengan diri Anda:

  1. Tema orisinil bisa Anda peroleh dari bidang ilmu yang selama ini Anda pelajari. Misalnya, saya mendalami Biologi lebih dari 10 tahun, termasuk bekerja di sebuah laboratorium Biologi, maka ketika saya membawakan materi tentang Motivasi Biologi (BioMotivator), maka audiens tidak akan ragu dengan kredibilitas pembawa materi. Apalagi saya sudah menulis buku “4 Cermin Flora”, klop. Berbeda halnya ketika basic pendidikan saya akuntansi, lalu saya menyampaikan tentang biologi, tentu materi ini bukan gue banget.
  2. Tema orisinil juga bisa Anda susun dari skill yang selama ini Anda kuasai. Dalam hal ini materi workshop “Amazing Slide Presentation” yang selama ini saya roadshow kan di berbagai perusahaan, dapat menjadi contoh sebuah skill dan pengalaman yang menjadi konten orisinil. Anda yang selama ini berkecimpung di bidang pendidikan dan manajemen, tentu bisa membuat materi orisinil pengelolaan sekolah misalnya. Anda yang selama ini bekerja di travel bisa juga membuat pelatihan tentang Travel bisnis masa depan. Tinggal padukan antara skill dengan pengalaman Anda.
  3. Tema orisinil bisa juga Anda susun dari karya yang Anda buat. Buku apa yang Anda tulis, CD apa yang Anda rekam atau apapun yang telah dipublikasikan. Dulu, ketika mahasiswa, saya pernah juara Lomba Karya Tulis Mahasiswa, beberapa kali saya diundang untuk memberi pelatihan karya tulis ilmiah. Saya pun beberapa kali mengisi pelatihan jurnalistik, berbekal dari 3 buku yang telah saya tulis. Nah, karya adalah senjata paling ampuh untuk membuat tema orisinil. Jika Anda belum memiliki karya, buatlah sekarang juga.

Nah, itulah 3 tips presentasi untuk menyusun tema orisinil dengan langkah yang paling mudah. Silakan Anda coba. Semoga sukses.

Salam Amazing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.