Tips Presentasi Tanpa Persiapan

Tulisan saya kali ini mungkin sangat Anda perlukan yaitu tentang tips presentasi tanpa persiapan. Kondisi ini muncul saat Anda didapuk menjadi pembicara secara tiba-tiba. Tanpa materi yang dipersiapkan dulu sebelumnya. Kondisi ini bisa hadir secara spontan, ataupun muncul saat kondisi terdesak, Anda menggantikan seseorang yang seharusnya tampil di depan. Lalu, jika hal ini benar-benar terjadi, apa yang harus kita lakukan. Di satu sisi materi belum siap, namun di sisi lain orang-orang berharap terpuaskan dengan presentasi Anda. Materi apa yang harus Anda siapkan? Nah, berikut adalah tips presentasi tanpa persiapan dari saya:

1- Tampil-lah dengan Tenang

Untuk tips presentasi tanpa persiapan yang pertama, tentu Anda harus tampil dengan tenang. Rileks. Tampil dengan wajah penuh senyuman. Supaya Anda mudah tersenyum sebelum tampil, cobalah ingat momen yang membanggakan bagi Anda, sambil memejamkan mata dan mendongakkan kepala ke atas. Kemudian berdoalah pada Tuhan untuk dilancarkan lisan dan gerakan.

Tangan terbuka, menunjukkan bahasa tubuh presenter yang tenang.

2- Mohon Maaf kepada Audiens

Mohon maaf pada audiens ini sangat penting, apalagi jika Anda didapuk menjadi pembicara pengganti. Meski minta maaf, Anda tidak perlu menceritakan bahwa Anda tidak siap…, atau materi presentasi Anda belum disusun, atau Anda adalah pembicara dadakan. Ini semua cukup Anda saja yang tahu. Jangan sampai audiens menganggap bahwa kemampuan presentasi Anda di bawah pembicara utama. Buktikan bahwa penunjukan Anda tepat adanya.

3- Materi Alternatif 1, Bercerita tentang Pengalaman

Lalu bagaimana dengan materi? Ada3 materi alternatif untuk tips presentasi tanpa persiapan. Yang pertama adalah bercerita tentang pengalaman. Siapapun pasti suka cerita, termasuk Anda dan audiens. Semua orang akan interest, apalagi kisah tentang sesuatu yang belum mereka ketahui. Berceritalah tentang sesuatu yang berhubungan dengan audiens, misal, jika tema presentasi tentang parenting atau pendidikan dalam keluarga, maka Anda bisa bercerita balasan di dunia terhadap orang tua yang menyayangi anaknya, Anda ambil salah satu kisah, misal Hee Ah Lee… pianis dengan dua jari asal Korea. Kisah seperti ini membuat audiens interest di setiap menit presentasi Anda.

4- Materi Alternatif 2, Beri Tips tentang Bidang yang Anda Kuasai

Kedua, jangan bercerita tentang sesuatu yang tidak Anda kuasai. Jika Anda ahli di bidang desain grafis, jangan berbicara mengenai penulisan, kecuali Anda memang ahli dalam keduanya. Batasi materi di bidang yang Anda kuasai. Misal, jika Anda ahli dalam bidang sosial media, Anda bisa memberikan materi tentang tips mengoptimalkan sosial media untuk berbisnis, seperti Facebook dan Twitter adds. Materi yang langsung berdampak pada hidup audiens ketika dipraktikkan akan lebih keren dalam presentasi.

Tampillah dengan materi yang Anda kuasai.
Tampillah dengan materi yang Anda kuasai.

5- Materi Alternatif 3, Cukup Sampaikan 3 Kata Kunci

Jika Anda punya banyak cerita atau tips dalam materi presnetasi, maka usul saya batasi 3 saja. Misal, 3 tips tentang bidang Anda atau 3 hikmah yang bisa didapat dari story telling Anda. Terlalu banyak tips bisa membuat audiens boring apalagi jika tidak bisa langsung dipraktikkan. Sebagai contoh, saat Kelas Inspirasi Sidoarjo, 24 Oktober 2016, saya memberi 3 tips sukses untuk yaitu, rajin ibadah, taat pada orang tua dan belajar-bekerja keras. Simpel, singkat dan mudah diingat.

Power of Three
Power of Three

6- Tutup dengan Kata-kata tak Terlupakan

Yang terakhir, untuk tips presentasi tanpa persiapan adalah penutup presentasi, dengan menggunakan kata-kata atau aktifitas yang susah dilupakan audiens. Misal Anda mengambil quotes dari orang ternama seperti Steve Jobs, salah satunya “The hardest challenge give the best result.” Tantangan terbesar menghasilkan hasil yang terbaik. Anda pun bisa mengadakan aktifitas seperti yel-yel bersama atau nyanyi bersama di akhir sesi presentasi.

Nah, itulah 6 tips presentasi tanpa persiapan yang bisa saya sharing, semoga presentasi kita kian kece.

Salam Amazing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.