BLOG

Tips Presentasi – Seni Memulai Presentasi

Tips presentasi. Jika Anda sering bepergian keluar kota, Anda pasti sering melewati perbatasan antara daerah satu dengan daerah lain. Di Indonesia sendiri perbatasan daerah seringkali ditandai dengan gapura. Ya, gapura adalah semacam bangunan berbentuk bando yang melintang di atas jalan. Jika Anda akan memasuki daerah tertentu, gapura seringkali bertuliskan “Selamat Datang di….” Demikian pula ketika Anda akan meninggalkan suatu daerah, umumnya gapura akan bertuliskan, “Selamat Jalan…”.

Bukan hanya antar daerah atau wilayah saja yang dibatasi oleh gapura. Nama jalan, atau bahkan gang di Indonesia sangat khas dengan gapura sebagai penandanya. Gapura seakan menjadi ciri khas jalan di negeri ini. Bahkan seringkali gapura menunjukkan tradisi khas suatu tempat dengan logo, gambar maupun teksturnya. Apalagi jika daerah itu merupakan pusat dari kerajinan, makanan atau budaya ternama. Maka gapura menjadi seni tersendiri dalam menunjukkan pribadi daerah tersebut.

Bagi saya gapura adalah art to start a trip, seni untuk memulai sebuah perjalanan. Gapura adalah penanda yang mampu menunjukkan kita sampai dimana dan kita mau kemana. Keberadaan gapura di Indonesia, memberi saya inspirasi tentang bagaimana memulai sebuah presentasi. Ya tips presentasi, bagaimana memulainya dengan indah.

Seperti gapura, untuk memulai presentasi Anda memerlukan penanda. Dengan penanda, Anda bisa lebih dekat dengan audiens dan audiens bisa mengenal Anda lebih awal. Dengan saling mengenal, maka barrier kebekuan suasana bisa sedikit mencair di awal presentasi. Bagaimana memberi penanda? Anda bisa menggunakan video profil, audio untuk mengajak audiens bergerak bersama atau memperlihatkan slide presentasi profil Anda. Inilah tips presentasi pertama.

Gapura juga memberi petunjuk sekarang kita sampai dimana. Kemudian gapura bisa mencerminkan kekayaan khas daerah tersebut dengan keindahannya. Ini membantu Anda untuk mengenal daerah tersebut, plus alasan kuat untuk mengunjungi daerah itu sekarang ataupun suatu saat nanti. Ya, Anda sudah mendapat tambahan rujukan sebuah daerah dengan kekayaannya.

Demikian juga dengan presentasi. Di awal presentasi berikanlah judul yang jelas pada audiens, hal ini dimaksudkan supaya mereka tidak bertanya-tanya tentang tema presentasi Anda. Selanjutnya, berikan alasan yang kuat kenapa audiens harus stay untuk menikmati presentasi Anda. Ya, Anda sekarang sudah menjadi rujukan dengan keahlian presentasi Anda. Memulai presentasi dengan memukau, akan memudahkan Anda mengkondisikan audiens selama presentasi berlangsung. Plus mengoptimalkan proses komunikasi. Inilah tips presentasi berikutnya.

Inilah art to start presentation, seni memulai sebuah presentasi. Semoga bermanfaat untuk presentasi Anda.

Be a #PresentationExpert.

Mau ngobrol dengan saya? Follow twitter @DhonyFirmansyah.

10 ALASAN “Amazing Slide Presentation” Rujukan Terpercaya

by: Kuma “Kenapa Amazing Slide Presentation bisa jadi rujukan terpercaya?” Itu adalah pertanyaan yang seringkali saya dengar atau baca di SMS, komentar FB atau twitter. Sebagai manager event Pak Dhony Firmansyah, saya memaklumi pertanyaan tersebut, karena sebagian besar pembicara, baik itu motivator, trainer, guru, dosen, peneliti, atau profesional yang masih menganggap …

tips presentasi

Pakar Slide dengan mahasiswa LP3i

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment