BLOG

Tips Presentasi – Rahasia Amazing Presentation

Tips presentasi. Setelah melihat berbagai presentasi, mempelajari dan mensortir mana yang mendapat respon positif dan mana yang belum, saya dan tim Kreasi Presentasi mendapatkan jawaban 5 rahasia Amazing Presentation. 5 rahasia ini menjadi dasar bagi kami untuk membuat pelatihan Amazing Slide Presentation chapter-B. Tips presentasi yang Amazing ini kami singkat menjadi 5-L supaya mudah diingat, dipahami dan dipraktikkan. Apa saja itu? Ini dia tips presentasi Amazing Presentation:

  1. LIKE. Ya, like atau rasa suka. Untuk membuat Amazing Presentation pastikan audiens menyukai materi presentasi Anda. Pastikan segmentasi presentasi Anda benar adanya. Tentukan batas atas dan batas bawah pola pikir audiens Anda. Misal jika materi Anda tentang remaja, maka batas atasnya adalah mahasiswa dan batas bawahnya adalah siswa SMP/SMA. Dengan menentukan batas inilah Anda akan mampu menyesuaikan konten materi Anda dengan audiens. Termasuk contoh dan solusinya. Materi produktifitas misalnya, untuk siswa SMA dan karyawan perusahaan tentu berbeda. Maka segmentasi presentasi adalah hal pokok untuk membuat audiens tetap berada di bangku mereka hingga presentasi Anda usai.
  2. LOOK. Dari hasil riset, 83% penduduk dunia menilai suatu hal dari visualnya. Oleh karena itu pastikan Anda memuaskan mata audiens dalam presentasi. Baik dari segi penampilan, media presentasi, maupun cara penyampaian Anda. Hal inilah yang memicu saya menulis buku Amazing Slide Presentation, sebuah buku yang menjadikan media presentasi (slide) Anda mampu berbicara. Tujuannya tidak lain adalah memuaskan visual audiens. Ya, tundukkan hati audiens dari visualnya. Seperti kata pepatah dari mata turun ke hati.
  3. LOVE. Cintai audiens Anda dengan cara penyampaian yang mereka sukai. Di Indonesia, sebagian besar karakter orangnya suka dengan kisah yang menyentuh dan humor. Maka, perbanyak hal tersebut tanpa mengurangi isi presentasi Anda. Gunakan kisah yang menyentuh untuk mendekatkan diri Anda dengan audiens dan meluluhkan egoisme mereka. Dan pakai humor untuk memecahkan kebekuan audiens sehingga mereka enjoy menikmati presentasi Anda. Untuk menjadikan audiens mengikuti alur presentasi Anda, sudah saya bahas di artikel saya sebelumnya berjudul “Pentingnya Skenario”.
  4. LIFT. Bisa jadi audiens menghadiri presentasi Anda untuk memperoleh inspirasi dan solusi. Maka usahakan materi presentasi Anda bisa mengangkat rasa ingin tahu audiens dan memberikan jawaban yang memuaskan. Akan lebih komplit lagi jika Anda memberikan langkah demi langkah konkritnya. Bukan sekedar teori dan retorika.
  5. Dan yang terakhir adalah LEAP atau lompatan. Yang paling diidamkan oleh audiens adalah lompatan besar dalam hidup mereka setelah mengikuti presentasi Anda. Bila tentang kesuksesan, apa indikatornya? Bila tentang bisnis, apa yang membuat omset mereka bisa naik dan bagaimana praktiknya? Bila tentang keahlian, bagaimana presentasi Anda bisa memberi lompatan nyata dalam meningkatkan keahlian. Nah, inilah yang dinanti-nanti. bahkan audiens akan rela membayar mahal untuk ini.

Nah, itulah 5 tips presentasi supaya materi Anda Amazing. 5 rahasia supaya presentasi Anda bisa menaklukkan audiens dengan berbagai profesi dan tingkatan karir. Semoga apa yang saya sharing bermanfaat untuk menyempurnakan presentasi Anda.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow twitter saya @DhonyFirmansyah.

tips presentasi

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment