Tips Presentasi – Menjawab Pertanyaan

Tips presentasi. Ada 3 waktu yang paling menengangkan bagi seorang presenter ketika menyampaikan presentasi. Yang pertama, saat mengawali presentasi, kegugupan biasanya menyertai. Yang kedua saat berinteraksi dan mendekat ke audiens, dan yang ketiga adalah momen menjawab pertanyaan audiens. Kali ini saya akan coba berbagi tentang bagaimana tips presentasi untuk menjawab pertanyaan audiens.

Ada beberapa versi pertanyaan audiens, ada yang mudah, sesuai dengan keahlian kita dan materi yang disampaikan. Ada yang sedang, sesuai keahlian namun bukan materi presentasi yang kita miliki. Dan ada pula yang berat, bukan keahlian kita dan bukan materi yang kita sampaikan. Nah, dalam artikel ini saya akan coba ungkap satu per satu tips presentasi bagaimana cara menjawabnya sesuai pemahaman yang saya miliki:

PERTAMA, pertanyaan audiens yang mudah.

Untuk tipe pertanyaan ini, jawablah sesuai dengan konten materi Anda. Jangan berlebihan, jangan pula terlalu pendek. Jawaban yang berlebihan, akan membuat audiens jenuh mendengarkan, karena inti jawaban sudah dia dapatkan. Sedangkan jawaban yang terlalu pendek bisa membuat audiens berasumsi kita menyembunyikan keahlian yang dimiliki. Misalnya, di workshop Amazing Slide Presentation pernah ada yang bertanya, “Apa sih yang harus saya perdalam pertama kali tentang desain slide presentasi?” Maka saya pun bisa menjawab, “Paling tidak Anda harus memperdalam tentang image yang optimal, pemilihan font yang sesuai dan perpaduan warna yang serasi.” Cukup. Jangan diperpanjang dan jangan dipersingkat lagi.

KEDUA, pertanyaan audiens yang sedang

Tips presentasi berikutnya, untuk tipe pertanyaan tingkat sedang. Ini merupakan pertanyaan yang sesuai keahlian, namun di luar konteks materi. Umumnya berdasar pengalaman pribadi audiens. Sebagai contoh, jika Anda memberi materi tentang bisnis, maka kasus-kasus bisnis akan sering ditanyakan oleh audiens. Sama juga ketika Anda menyampaikan presentasi tentang parenting atau pendidikan anak, umumnya audiens akan bertanya hal-hal yang mereka alami.

Untuk pertanyaan level ini, biasanya contoh-contoh yang disampaikan tak terduga. Namun pertanyaan tersebut masih dalam keahlian Anda. Nah, jika audiens bertanya tentang kasus, maka jawablah juga dengan pengalaman Anda. Oleh karena itu penting bagi seorang presenter memperdalam pengalaman sebelum menyampaikan materi. Bukan sekedar baca buku, menyusun slide lalu menyampaikan. Karena dampak presentasinya akan berbeda.

Misal, pernah audiens yang bertanya kepada saya dalam pelatihan powerpoint Amazing Slide Presentation, “Pak, bagaimana cara desain kata-kata bijak (quotes) yang bagus, jika saya tidak punya banyak font dalam laptop, dan laptop saya sering bermasalah jika diinstal program-program tertentu?” Saya kemudian menjawab, “Pakai satu font saja Pak…, tidak masalah, bisa divariasi dengan besar kecil huruf dan warna font saja. Ini contoh slide yang pernah saya buat, hanya pakai Myriad Pro:

Contoh slide tips presentasi menjawab pertanyaan tingkat sedang.

Nah, jawablah pengalaman dengan pengalaman.

KETIGA, pertanyaan yang sulit dari audiens

Ingat, kategori pertanyaan sulit dari audiens adalah bukan keahlian kita dan bukan materi yang kita sampaikan. Oleh karena itu bagi saya tidak baik jika kita memaksakan diri untuk menjawab jika memang kita tidak tahu jawabannya.

Jika kita mengetahui jawabannya, mending kita memakai referensi yang kuat dan tak terbantah dengan menyebut referensi tersebut, sebagai pengantar menuju jawaban. Atau jika memang kita tidak mengerti jawabannya, katakan saja, “Saya tidak mengetahui jawabannya saat ini, saya akan coba cari, dan kita lanjutkan diskusinya via online ya….” Bagi saya, ini lebih baik daripada memaksakan menjawab namun tidak jelas arahnya.

Nah, itulah tips presentasi dari saya pagi ini tentang menjawab menjawab pertanyaan audiens dengan berbagai tingkat kesulitan. Semoga bermanfaat dan Salam Amazing.

Nb: Oya… salam dari KMI Nagoya untuk Anda semua di Indonesia. Kemarin malam ada syukuran kecil-kecilan di apartemen kami. Yuk berkarya untuk Indonesia.

Syukuran bersama KMI Nagoya di apato keluarga kami (1)
Syukuran bersama KMI Nagoya di apato keluarga kami (2)

 

One thought on “Tips Presentasi – Menjawab Pertanyaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.