Tips Presentasi Layaknya Profesional

Siapapun yang diberi kesempatan untuk presentasi, pasti menginginkan performanya sukses dan memukau audiens. Akan tetapi, berbagai faktor-x dapat menghambat penampilan presentasi terbaik yang kita miliki. Untuk menghindari segala hal yang bisa menjadi batu sandungan presentasi, berikut tips presentasi layaknya profesional yang saya kutip dari artikel Shawn Doyle, President at New Light Learning & Development Inc.  Apa saja tips presentasi layaknya profesional tersebut, inilah urutannya:

1- Lakukan Persiapan Sesungguhnya

Mungkin Anda berpendapat bahwa persiapan yang sesungguhnya saat pesentasi adalah modul dan slide presentasi. Namun menurut Shawn Doyle, persiapan sesungguhnya harusnya terjadi jauh lebih awal dari modul dan slide. Milikilah Presentation Need Analysis, mulai dari siapa saja audiens-nya dan apa tujuan presentasi yang diharapkan audiens, dengan bekal tersebut Anda bisa membuat modul dan slide sesuai dengan target presentasi Anda.

2- Awali Presentasi dengan Mencengangkan

Awal presentasi adalah tahapan paling baik untuk pendekatan Anda pada audiens. Awal presentasi mencengangkan adalah salah satu langkahnya. Dalam arti positif tentunya. Untuk tips presentasi layaknya profesional, awal presentasi yang mencengangkan adalah dengan memberikan quote, data-fakta yang terbaru hingga storytelling tentang kilasan materi presentasi Anda.

3- Perhatikan “Space Negatif” Ruangan Presentasi Anda

Adakalanya jumlah audiens presentasi menjadi barrier terbesar performa Anda. Ruangan ang terlalu lebar dengan audiens yang terlalu sedikit bisa menurunkan motivasi audiens mengikuti presentasi Anda. Demikian juga sebaliknya, ruangan yang terlalu kecil dengan membludaknya audiens, bisa membuat mereka kurang nyaman. Oleh karena itu waspadai hal ini, apalagi jika Anda akan menyampaikan presentasi di hadapan audiens umum. “Space Negatif” tersebut bisa diatasi dengan datang lebih awal dan berkoordinasi dengan panitia. Pastikan ruangan yang terlalu lebar disekat, atau ruangan yang terlalu kecil dipindah, sehingga presentasi Anda berjalan optimal.

4- Cobalah Berdialog bukan Monolog

Interaksi yang bagus dengan audiens akan membangun kehangatan dan akhirnya materi presentasi Anda berkesan. Oleh karena itu cobalah berinteraksi dengan audiens ketika presentasi. Berdialoglah, jangan menyampaikan presentasi seperti ceramah, karena inti presentasi adalah komunikasi, saling interaksi.

5- Milikilah Mentor

Berlatih secara rutin akan sangat cepat meningkatkan skill presentasi Anda. Namun berlatih saja tidak cukup, milikilah mentor yang akan membimbing dan mengarahkan Anda. Mentor akan membantu mengevaluasi penampilan Anda sehingga semakin baik dari waktu ke waktu. Anda bisa meningkatkan keahlian penyampaian presentasi, hingga desain slide Powerpoint Anda. Nah, untuk desain slide presentasi, tim Kreasi Presentasi siap menjadi salah satu partner dan mentor Anda. Silakan menghubungi Bu Isti di 0857 3333 0407 untuk bekerja sama dengan kami.

Nah, itulah 5 tips presentasi layaknya profesional yang bisa saya sharing pada Anda, semoga manfaat.

Salam Amazing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.