Tips Presentasi dengan Data

Bagi Anda yang seringkali menampilkan presentasi dengan data, tips presentasi berikut menurut saya sangatlah penting bagi Anda. Tips presentasi dengan data ini akan mengungkap bagaimana sebaiknya Anda dalam menampilkan data sekaligus teknik penyampaiannya. Tips ini saya ambil dari Presentation-Process.com dan Sketchbubble plus sejumlah pengalaman yang saya alami saat menyampaikan workshop infografis di berbagai perusahaan. Berikut adalah tips presentasi dengan data:

1- Tampilkan Kesimpulan Anda sebagai Judul Visual Data

Seringkali kita menyampaikan data dengan banyak variabel, entah itu dalam grafik, diagram, tabel dan sebagainya. Tips presentasi dengan data yang pertama adalah menjadikan kesimpulan Anda sebagai judul visual data. Tampilkan kesimpulan sebagai judul. Ini memudahkan Anda untuk merangkum pola pikir audiens sehingga sesuai dengan cara berpikir Anda. Sekaligus memudahkan audiens untuk membaca dan menyimpulkan isi data yang Anda tunjukkan via slide presentasi.

Berikut adalah contoh tabel yang memiliki judul to the point, langsung menuju kesimpulan data. Dengan menunjukkan simpulan audiens tidak perlu lagi bersusah-susah memandangi data satu-persatu sehingga fokus mendengarkan presentasi Anda.

2- Permudah Audiens dalam Membaca Grafik

Kadangkala grafik yang memiliki banyak variabel memiliki keterangan yang saling berdesakan dan susah untuk dibaca seperti grafik berikut:

Permudah audiens dalam membaca grafik. Usahakan mereka gampang untuk mengidentifikasi keterangan di dalam grafik. Kalau saya pribadi, saya lebih suka menggunakan grafik batang horizontal dibanding yang vertikal, karena susunan huruf dan angka-nya lebih gampang dieja dan secara visual lebih sederhana. Seperti grafik batang berikut:

3- Tentukan Tujuan Visualisasi data Anda.

Tips presentasi dengan data yang ketiga adalah mewajibkan presenter untuk mengetahui tujuan visualisasi data. Misalnya, pie chart memang digunakan untuk mengetahui ukuran proporsi atau presentase di dalam sebuah populasi. Namun etika prosentase tersebut digunakan dalam sebuah visualisasi perbandungan, maka sebaiknya presenter menggunakan grafik batang. Mengetahui tujuan visualisasi data sangat penting untuk memudahkan teknik penyampaian presentasi kita selanjutnya.

4- Perhatikan Hierarki Data

Urutan data atau hierarki data sangat penting di dalam visualisasi dan presentasi. Mengurutkan data mulai dari yang terbesar hingga terkecil, atau mengurutkan data sesuai abjad, adalah hal sederhana namun berdampak besar dalam visualisasi dan presentasi Anda. Pengurutan data sangat dianjurkan dalam presentasi, selain grafik atau tabel terlihat lebih terencana, presenter pun gampang untuk mengurutkan kronologi yang terjadi saat presentasi.

5- Sederhanakan Visualisasi Data Anda

Data yang Anda tunjukkan di dalam slide sudah membuat audiens mengernyitkan dahi, jangan tambahi lagi kerutan di dahi audiens dengan visualisasi data yang memiliki banyak variasi yang sulit untuk dipahami. Sederhana saja. Sesuaikan warna data dengan legenda-nya. Tampilkan ikon atau image yang mungkin mewakili data. Dan Anda juga bisa meng-highligt data dengan warna berbeda jika ingin fokus menyampaikan data tersebut.

Nah, itulah 5 tips presentasi dengan data yang bisa membantu Anda meningkatkan kualitas presentasi. Anda pun bisa berkolaborasi dengan tim kami Kreasi Presentasi untuk workshop infografis dan slide profesional dengan menghubungi  Bu Isti 0857 3333 0407.

Salam Amazing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.