Tips Presentasi – Alihkan Fokus

Tanggal 26, 27 dan 28 Nopember kemarin, saya dan tim Kreasi Presentasi memberikan pelatihan inhouse untuk 35 karyawan dan staf PT. Marga Mandalasakti (Astra) Tangerang. Pelatihan yang merupakan lanjutan dari “Amazing Slide Presentation” yaitu “Design Your Presentation” berlangsung dengan heboh dan fun.

Pelatihan “Design Your Presentation” memang fokus pada materi dan teknik presentasi sesungguhnya. Nah, dalam interaksi dengan audiens, salah satu peserta menanyakan tentang rasa gugup dalam presentasi yang selalu muncul dan serasa sulit untuk dikendalikan. Dirinya meminta tips presentasi untuk solusi.

Saya dan para peserta inhouse training Design Your Presentation PT. MMS (Astra)

Memang rasa gugup ketika presentasi itu lumrah. Kegugupan bisa saja terjadi, apalagi di saat kita berhadapan dengan audiens yang belum dikenal seluruhnya, audiens yang secara sosial memiliki level yang lebih tinggi ataupun materi yang belum kita kuasai benar. Maka solusinya adalah lawan dari ketiganya.

Untuk materi yang belum benar-benar kita kuasai, maka solusinya persiapkan materi tersebut dengan serius dan berlatihlah terus menerus, seoptimal yang Anda mampu. Sedangkan untuk audiens yang belum dikenal, maka tugas seorang presenter adalah mengetahui latar belakang audiens sedetail mungkin, ini juga diajarkan di “Design Your Presentation”.

Khusus untuk strata sosial audiens yang lebih tinggi, mungkin kegugupannya dia atas dua akar kegugupan yang lain. Maka tips presentasi untuk hal ini, solusinya adalah mengalihkan fokus dan membuat afirmasi diri. Bagaimana cara mengalihkan fokus? Anda gugup karena Anda fokus pada strata sosial audiens. Anda fokus pada kekurangan Anda, padahal jika Anda fokus pada kelebihan, boleh jadi percaya diri Anda naik dan kegugupan itu sirna.

Apa kelebihan Anda? Pertama, boleh jadi audiens Anda puluhan tahun kerja di perusahaan tertentu, namun tentang materi hanya Anda yang tahu, Anda pun sudah berlatih, sedang mereka belum. Kedua, mereka mempercayakan panggung presentasi pada Anda, berarti secara keilmuan, Anda lebih menguasai hal tersebut. Ketiga, Anda memahami teori dan praktik presentasi, sedangkan audiens belum tentu mengerti dan bisa melakukannya. Teruslah beri motivasi dalam diri untuk alihkan fokus Anda.

Untuk afirmasi, Anda bisa membayangkan orang-orang yang mendukung Anda berada di antara audiens. Kalau saya, saya membayangkan istri saya duduk di salah satu kursi audiens, dan tersenyum bangga pada saya. Hal ini membuat saya selalu berusaha menampilkan yang terbaik di tiap presentasi yang saya berikan.

Nah inilah tips presentasi saya, untuk mengatasi gugup saya mengalihkan fokus. Bagaimana dengan Anda?

Salam Amazing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.