BLOG

Tips Penyampaian Presentasi

Bagi Anda yang ingin menyampaikan presentasi dengan optimal, berikut adalah sejumlah tips yang kami ramu dari berbagai sumber. Apa sajakah itu?

  1. Datanglah lebih awal ke tempat presentasi. Ini akan mempermudah Anda untuk mengenal ruang presentasi. Anda pun bisa mempersiapkan alat dan tools presentasi dengan lebih tertata. Jika panitia kurang tepat dalam menata ruang, Anda pun bisa memberi masukan dengan cepat dan menyelesaikan masalah yang ada. Berapa waktu yang ideal untuk datang lebih awal? Saya biasanya datang sekitar setengah hingga satu jam lebih awal dari dimulainya acara.
  2. Hapalkan alur presentasi Anda. Usahakan Anda tidak menyiapkan bahan presentasi dengan terburu-buru. Seringkali saya melihat seorang presenter yang memenuhi slide presentasinya dengan tulisan. Bagi saya secara subyektif, salah satu faktor penuhnya slide dengan tulisan adalah presenter yang tidak menghapal alur presentasinya. Tentu ini sangat mengganggu penyampaian, dan membuat presentasi menjadi jenuh dan membosankan.
  3. Bukalah presentasi Anda dengan kata-kata yang membuat audiens memperhatikan Anda. Bisa dengan pujian, bisa dengan quote tokoh-tokoh dunia, boleh dengan cerita yang menginspirasi, atau boleh juga menggunakan jokes atau gurauan yang cerdas. Ini akan mencairkan suasana awal presentasi Anda.
  4. Menjauhlah dari podium, mendekatlah ke audiens. Jika ruang presentasi menggunakan podium, usul saya jangan digunakan. Menurut Garr Reynolds, penulis “The Naked Presenter”, podium, mimbar, meja, ataupun kursi yang digunakan presenter adalah barrier atau penghalang komunikasi antara presenter dengan audiens. Jadi jika Anda ingin presentasi Anda berdampak besar, menjauhlah dari podium tersebut.
  5. Gunakan alat bantu untuk presentasi. Pakailah slide pointer atau laser pointer, kertas, flipchart, atau apapun yang bisa mendemonstrasikan paparan Anda secara lebih baik. Hindari adanya operator komputer yang setiap kali berpindah dari slide satu ke slide yang lain, Anda harus mengatakan “next” atau memberi tanda tertentu. Ini sangat mengganggu presentasi Anda.
  6. Perhatikanlah waktu presentasi. Seimbangkan antara jumlah slide, materi presentasi, waktu presentasi Anda, media yang Anda perlukan, serta aktifitas audiens. Presentasi yang terlalu panjang akan menjenuhkan. Apalagi jika  materi presentasi belum tuntas. Lalu bagaimana supaya seorang presenter selalu tepat waktu? Kuncinya adalah berlatih. Ya, berlatihlah terus dan teruslah berlatih.
  7. Yang terakhir, berikanlah closing presentasi yang memukau. Tutuplah presentasi Anda dengan hal yang tak terlupakan oleh audiens. Bisa dengan memberi hadiah, kata-kata mutiara, atau semangat supaya audiens tetap menjaga konsistensi setelah seminar berlangsung.

Bagi Anda yang ingin mengoptimalkan presentasi Anda, Anda bisa mengikuti pelatihan presentasi dari kami. Bisa “Amazing Slide Presentation chapter A” maupun “chapter B” atau program public speaking “Speak Up”.

Selamat berlatih.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment