Tips Menyampaikan Presentasi Terbaik

Dari banyak referensi presentasi yang pernah saya baca sampai sekarang tentang tips menyampaikan presentasi terbaik, boleh dibilang artikel ini adalah rangkumannya. Ada banyak sekali teknik presentasi, akan tetapi untuk menyampaikan presentasi terbaik ternyata tidak lebih dari 3. Eit.. sebelum kesana, kita samakan dulu definisi tentang apa itu presentasi terbaik. Bagi saya, presentasi terbaik adalah presentasi yang berdampak besar dalam hidup audiens. Presentasi tersebut masuk kedalam akal dan hati audiens. Dapat diingat dalam waktu yang lama. Selain terinspirasi, audiens juga bisa mempraktikkan apa-apa yang disampaikan oleh presenter dengan baik dan positif.

Oke…., inilah tips menyampaikan presentasi terbaik:

1- Sampaikan presentasi dengan storytelling.

Setiap orang suka bercerita. Apalagi tentang dirinya. Teknik bercerita dalam presentasi disebut dengan storytelling. Bagi saya, storytelling adalah salah satu teknik presentasi terbaik. Mengapa demikian? Pertama, storytelling bisa membuat audiens terlibat dalam emosi. Apalagi jika storytelling disampaikan dengan detail, lengkap dengan setting suasana dan dialognya. Kedua, otak manusia memproses sesuatu dengan visual. Dengan storytelling, audiens bisa membayangkan apa-apa yang disampaikan oleh presenter, sehingga otak mampu memprosesnya sebagai sesuatu yang visual. Otak akan menyimpannya sebagai memori dalam waktu yang lebih lama.

2- Sampaikan presentasi dari pengalaman pribadi.

Setiap kali saya menghadiri sebuah event presentasi yang disampaikan oleh pembicara ternama ataupun praktisi di bidang tertentu, saya melihat antusiasme yang luar biasa di wajah para audiens. Salah satu sebabnya adalah materi presentasi yang disampaikan oleh pembicara berdasar dari pengalaman pribadi. Bukan ambil dari buku, bukan sekedar bercerita. Langkah pembicara untuk sukses di bidang masing-masing sudah terbukti, tinggal audiens mau mengikuti atau tidak. Nah, bagi Anda yang bingung untuk memberikan materi apa, coba rangkai pengalaman pribadi Anda yang menginspirasi, yang membuat diri Anda bangga atau yang membuat orang lain tertegun mendengarnya. Saya pun seringkali menyampaikan bagaimana cara saya menulis buku, presentasi di berbagai corporate, hingga menyusun materi slide presentasi dan infografis Amazing Slide. Mulai sekarang berpikirlah orisinil. Saya yakin tiap-tiap kita punya kisah hidup yang berbeda. Cobalah.

3- Sampaikan presentasi disertai bagaimana langkah aplikasinya.

Yang terakhir untuk tips menyampaikan presentasi terbaik adalah, jangan berhenti pada kisah inspirasi atau motivasi. Berikanlah audiens tips-tips dan langkah-langkah konkrit untuk mendalami materi yang Anda sampaikan. Jika Anda pengusaha, beri tips memulai usaha misalnya. Untuk guru, beri tips mengajar yang menyenangkan misalnya. Tips atau langkah konkrit, membuat audiens tidak sekedar terisnpirasi, namuan mau mencoba. Ya… inilah yang paling penting jika ingin mengubah audiens, beri mereka dorongan untuk mau mencoba dengan tips-tips Anda.

Nah, itulah 3 tips menyampaikan presentasi terbaik yang saya rangkum dari berbagai buku termasuk Presentation Zen dan Resonate. Saya pun siap sharing dengan Anda tentang presentasi, desain slide dan infografis. Silakan menghubungi Bu Isti di nomor 0857 3333 0407 atau kunjung website Kreasi Presentasi.

Salam Amazing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.