BLOG

Tips Presentasi – Menutup Presentasi

Tips Presentasi. Jika presentasi sudah dilalui dengan wow, saatnya menutup presentasi. Meski kelihatannya sepele, menutup presentasi adalah salah satu momen krusial dalam penampilan Anda. Closing presentasi adalah momen paling diingat oleh audiens. Lalu bagaimana kita menutup presentasi dengan memukau? Berikut adalah tips presentasi dari saya, semoga bisa membantu melejitkan closing presentasi Anda:

  1. Berikan Kesimpulan Presentasi Anda. Memberi simpulan pada penutup presentasi adalah hal paling mudah untuk closing. Kesimulan adalah intisari dari materi yang telah Anda sampaikan. Umumnya seorang presenter memberi kesimpulan dengan mengulang inti materi sehingga tetap diingat oleh audiens. Misal dalam seminar “Amazing Slide Presentation”, untuk menutup presentasi saya mengulang bahwa untuk menampilkan desain slide memukau perlu dua hal, yaitu Sederhana dan Optimal.
  2. Sampaikanlah Quotes. Mengutip kata-kata bijak baik berupa motivasi ataupun inspirasi bisa jadi alternatif terbaik untuk menutup presentasi. Anda boleh mengambil kata-kata bijak dari orang ternama maupun dari Anda sendiri. Sebagai contoh dalam workshop “Amazing Slide Presentation”, quotes yang saya ucapkan adalah milik saya sendiri, “Tidak ada megapolitan yang dibangun dengan singkat, tidak ada keahlian yang diperoleh dengan instan. Semua melalui siklus Tahu-Bisa-Terampil-Mahir. Nah, sampai dimana Anda sekarang?”
  3. Utarakan Kisah Penutup. Setiap orang suka bercerita. Bahkan hingga sekarang, kita pun masih ingat cerita yang disampaikan kedua orang tua kita. Seperti Kancil dan Timun, Bawang Merah Bawang Putih dan sebagainya. Oleh karena itu pendekatan closing dengan cerita akan melekat erat di benak audiens. Sebagai contoh, saya pernah bercerita tentang masa lalu saya, sebelum menjadi trainer. Ketika setelah resign, saya 6 bulan belum memiliki penghasilan. Saat itu saya ingin sukses. Salah satu caranya adalah bertemu orang-orang sukses. Saya masih ingat ketika berbincang dengan Pak Jamil Azzaini dan beliau berkata, “Mas Dhony, kunci sukses itu ada 3 jadilah yang PERTAMA, bila tidak bisa jadilah yang TERBAIK, kalau tidak mampu jadilah yang BERBEDA.”
  4. Ajak Audiens dalam Aktivitas Bersama. Aktivitas bersama audiens adalah closing yang berkesan. Anda bisa mengajak audiens untuk bernyanyi bersama lagu yang membangkitkan semangat, berikrar bersama ataupun berdoa bersama. Ini adalah aktivitas yang positif yang bisa jadi alternatif terbaik untuk menutup presentasi.

Demikian tips presentasi ini saya tulis. Semoga Anda mampu menutup presentasi dengan memukau. Semoga bermanfaat untuk Anda semua. Terus berlatih ya.

Mau ngobrol dengan saya? Follow Twitter @DhonyFirmansyah.

 

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment