BLOG

Tips Menulis Materi Presentasi Persuasif

Tulisan ini saya rangkum dari artikel Adam Frankel di website majalah Time, asisten khusus dan penulis materi presentasi mantan presiden Amerika Barack Obama. Menurut beliau, salah satu alternatif terbaik tips menulis materi presentasi persuasif adalah dengan membaca materi presentasi para pembicara kelas dunia. Tidak berhenti sampai disitu, kita juga perlu mengamati video presentasinya, melihatnya detik demi detik apa saja poin-poin menarik yang muncul disana. Nah, artikel ini mencoba menyederhanakan tips menulsi materi presentasi persuasif menurut Adam Frankel:

1- Tulis seperti halnya Anda Bicara

Menurut Adam Frenkel tidak ada aturan pakem untuk tips menulis materi presentasi persuasif, namun jika ada maka aturan yang harus disadari pertama kali adalah, Anda menulis materi presentasi bukan untuk dibaca tapi untuk dipresentasikan. Artinya materi presentasi persuasif Anda jangan sampai menjadikan Anda terpaku dengan tulisan, terpaku dengan bacaan. Tulislah kalimat-kalimat positif. Kalimat-kalimat pendek. Gunakan bahasa yang sederhana, yang mudah dimengerti orang lain. Supaya tulisan Anda mengalir, cobalah membaca materi presentasi Anda dengan keras, jika Anda melakukannya dengan tepat, Anda akan mulai “mendengar” kata-kata presentasi yang wow di benak Anda, saat Anda menuliskannya.

2-Hadirkan Storytelling

Setiap akan menyusun materi presentasi, presiden Obama selalu menanyakan kepada Adam, “Kisah apa yang ingin kita hadirkan dalam presentasi ini?” Menurutnya, Presiden Obama selalu memiliki pola presentasi mulai dari perkenalan hangat, substansi inti di tengah dan akhir yang inspiratif. Itulah style Obama kata beliau. Ceritakan kisah atau storytelling se-alami mungkin. Karena storytelling mungkin akan lebih menarik dibanding fakta-fakta mengejutkan dan analisa statistik.

3- Pentingnya Struktur

Menentukan struktur adalah bagian tersulit dari tiap presentasi. Struktur presentasi bukanlah bullet point yang tersusun di slide presentasi, namun struktur presentasi adalah logika, alur dan argumen yang ditampilkan saat kita berada di depan audiens. Menurut Adam, salah satu langkah untuk membuat struktur presentasi adalah dengan memperkuat referensi yang berhubungan dengan materi presentasi, misalnya, jika seperti Presiden Obama, maka dia wajib belajar tentang Hukum Kenegaraan. Jika saya, seorang trainer dan slide designer, maka saya harus belajar ilmu tentang desain, infografis, videografis sekaligus tentang teknik penyampaian presentasi. Mempelajari desain & infografis adalah kewajiban untuk memperkuat struktur materi meski saya harus ke Jepang dan Singapura. Intinya, perkuat argumen Anda dengan bidang ilmu yang Anda pelajari.

Hasil pembelajaran saya tentang infografis dan slide presentasi profesional bisa Anda baca di seri buku Amazing Slide: Amazing Slide Presentation, Amazing Slide MiniMAX & Amazing Slide Infographic. Anda bisa memesannya dengan meng-klik gambar berikut:

Sedangkan untuk mengikuti workshop infografis, videografis & slide profesional, Anda bisa menghubungi Manager Event Kreasi Presentasi, Bu Isti di 0857 3333 0407.

4- Ringkas dalam Presentasi

Mantan Presiden Amerika Serikat Woodrow Wilson pernah mengatakan, “Jika Anda ingin saya berbicara selama 5 menit, maka butuh waktu sebualn untuk mempersiapkan materinya. Jika Anda ingin saya berbicara 20 menit, maka butuh 2 minggu persiapannya. Namun jika Anda ingin saya berbicara 1 jam penuh, sekarang pun saya bisa.

Perkataan Woodrow Wilson tadi membuktikan sulitnya meringkas materi presentasi dibanding pembicaraan paanjang dan bertele-tele. Oleh karena itu jika Anda ingin tahu seseorang merupakan presenter hebat atau tidak, mudah… minta dia berbicara sesuatu yang inspiratif dalam waktu singkat. Pembicara hebat pasti bisa melakukannya. Nah, untuk meringkas materi presentasi, coba tantang diri Anda untuk menghilangkan kata-kata yang kurang penting dalam narasi presentasi tanpa menghilangkan maknanya.

5- Jadilah Otentik

Tips menulis materi presentasi persuasif berikutnya adalah dengan menjadikan materi presentasi Anda otentik, original, tidak ada padanan-nya. Memang tips ini kurang aplikatif, terkesan klise atau teoritis, namun bukan berarti tidak bisa dipraktikkan. Banyak pembicara hebat yang otentik, punya ciri khas tersendiri yang tak terlupakan. Otentik itu bisa dari kisah hidupnya, pembukaan presentasinya, materi yang selalu memberikan 10 kata kunci seperti halnya Guy Kawasaki atau closing yang selalu inspiratif.

Cobalah mulai sekarang bertanya pada diri sendiri, kira-kira apa ciri khas presentasi Anda, tuliskan dan sampaikan saat Anda di hadapan audiens.

6- Jangan cuma Bicara, tapi Berpengaruhlah

Guru saya mengatakan, “Satu peluru hanya bisa menembus satu kepala, tapi satu kata bisa menembus jutaan kepala.” Jika Anda bisa membuat presentasi yang hebat, kenapa harus biasa-biasa saja. Coba renungkan sebelum Anda menulis materi presentasi, kira-kira manfaat apa yang akan diterima audiens dari presentasi saya? Apa makna kehadiran saya disana? Apa kata-kata inspiratif yang nanti akan tertinggal di benak audiens saat presentasi saya berakhir?

Berpengaruhlah, coba baca-baca lagi buku yang membuat Anda bersemangat untuk presentasi. Mulailah menulis materi presentasi dengan menyebut manfaat yang didapat audiens ketika mendengar presentasi Anda. Lalu berlatihlah, sehingga tips menulis materi presentasi persuasif ini benar-benar bermanfaat untuk Anda.

Salam Amazing.

Klik untuk daftar.

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment