BLOG

Tips Menghindari Kebosanan

Pernahkah Anda merasa bosan melakukan rutinitas harian? Ya, tentu kita semua pernah mengalaminya. Dalam istilah Biologi, kebosanan bisa terjadi karena beberapa hal. Salah satunya adalah kelelahan sel saraf akibat melakukan hal yang sama berulang-ulang. Impuls saraf terkirim melalui sel saraf yang sama secara terus menerus. Hal ini akan membuat sel saraf terbebani secara berlebihan pada satu titik tertentu.

Berbicara tentang sebuah masalah tidak akan berarti jika kita tidak mencari solusi. Dalam hal ini, kita berbicara tentang rasa bosan. Lalu apa jalan keluar dari kebosanan? Bagi saya ada sejumlah hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi rasa bosan. Diantaranya:

  1. Ubah Mindset. Jika Anda melakukan pekerjaan yang sama berulang-ulang tentu Anda merasa bosan. Lalu mengapa kita tidak bosan minum air tiap hari, ke kamar mandi untuk buang air kecil, mandi dan sebagainya. Jawabannya satu, karena mindset atau pola pikir kita. Kita menganggap minum, makan, buang air, dan mandi adalah kebutuhan yang harus dilakukan. Nah, jika Anda tidak ingin bosan, maka ubahlah mindset Anda. Jadikan pekerjaan Anda sebagai kebutuhan yang harus dilakukan. Apalagi dalam agama, kerja adalah ibadah.
  2. Bedakan bosan dengan lelah. Bosan dan lelah adalah dua hal yang berbeda. Bosan adalah kejenuhan melakukan sebuah aktivitas, sedangkan lelah adalah batas kemampuan diri melakukan aktivitas. Jika Anda lelah, istirahatlah. Namun jika bosan, pulihkan semnagat Anda.
  3. Kejar target. Bisa jadi kebosanan terjadi akibat kita tidak punya aktivitas apapun yang mempunyai tujuan. Tidak memiliki target yang jelas. Bahkan cenderung melakukan hal-hal yang sia-sia. Jadi supaya tidak bosan, lakukan aktivitas yang mengejar target. Karena tercapainya target adalah langkah menuju kesuksesan.
  4. Ubah style kerja Anda. Anda bisa menghindari kebosanan dengan melakukan aktivitas secara dinamis. Tidak statis. Teruslah belajar dengan hal-hal yang baru. Bagi Anda staf administrasi, cobalah belajar tentang program administrasi selain yang Anda pakai selama ini. Demikian juga bagi Anda seorang desainer, selalu belajar desain terbaru. Seorang trainer, tidak berhenti menimba ilmu dengan ikut seminar dan pelatihan.

Semoga apa yang saya sharing dalam tulisan ini bermanfaat bagi kita semua untuk selalu maju dan terus menghindari kebosanan.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , ,

Post a comment