BLOG

Tips Menggunakan Laser Pointer

Ketika presentasi menggunakan slide presentasi baik Keynote maupun Powerpoint, laser pointer merupakan “senjata andalan” presenter untuk melancarkan presentasinya. Sebagian besar presenter di Indonesia saat ini juga mulai sadar pentingnya laser pointer, selain untuk mempermudah interaksi dengan audiens, laser pointer juga meng-efisienkan tugas presenter karena tidak lagi menggunakan asisten dan tidak lagi mengatakan, “next” kepada asisten untuk mengubah tampilan dari satu slide ke slide berikutnya. Nah berikut adalah tips menggunakan laser pointer yang menurut saya penting bagi Anda berdasarkan pengalaman saya ketika sharing presentasi Amazing Slide Presentation maupun mengikuti pelatihan di berbagai tempat.

1. Pilihlah laser pointer dengan daya jangkau wireless yang jauh. Laser pointer sangat vital bagi presenter untuk memperlancar presentasi. Meski demikian setiap laser pointer memiliki daya jangkau masing-masing dengan laptop atau komputer sebagai sumber wireless. Secara umum laser pointer berdaya jangkau antara 15 hingga 20 meter dari wireless-nya. Oleh karena itu pastikan Anda menempatkan laptop pada posisi yang tidak terlalu jauh dengan Anda saat presentasi.

2. Gunakan tangan yang tidak dominan untuk memegang laser pointer. Jika Anda bisa menggunakan tangan kanan, maka pakailah tangan kiri Anda untuk memegang laser pointer. Ini memudahkan Anda untuk bebas memainkan tangan kanan Anda saat presentasi. Anda akan lebih rileks dan lebih enjoy. Sebagai contoh, Bill Gates di saat presentasi memegang laser pointer dengan tangan kiri, karena dia biasa menggunakan tangan kanannya untuk beraktifitas.

Bill Gates memegang laser pointer dengan tangan yang tidak dominan saat beraktifitas.

3. Tips menggunakan laser pointer berikutnya adalah pilih laser pointer dengan fitur yang lengkap. Di pasaran ada laser pointer yang hanya bisa berfungsi untuk memaju-mundurkan slide dan mengeluarkan laser saja. Usul saya, hindari membeli laser pointer jenis ini. Lebih baik Anda membeli laser pointer selain di fitur tersebut juga mampu untuk menaik-turunkan volume laptop atau membuat layar slide jadi blank. Ini demi kemudahan presentasi Anda.

4. Dan tips menggunakan laser pointer yang terakhir adalah selalu membawa baterai cadangan saat presentasi. Kita tidak tahu apa yang terjadi saat kita presentasi, maka membawa sumber tenaga cadangan untuk laser pointer kita sangat penting demi maksimalnya presentasi.

Nah, itulah tips menggunakan laser pointer untuk kemudahan presentasi Anda. Semoga bermanfaat.

Salam Amazing.

Pakar Slide Dhony Firmansyah bersama tim Garr Reynolds (penulis Presentation Zen) di TEDx Kyoto.

Klik poster di bawah ini untuk mendapatkan/mendownload flyer full screen.

Amazing Slide Presentation bersama Pakar Slide Powerpoint & Keynote Dhony Firmansyah di Nagoya, Jepang

TAGS > , , , , , , , , , , , ,

Post a comment