Tips Menentukan Warna Slide

Warna merupakan salah satu komponen slide presentasi yang amat penting. Warna bisa menunjukkan sisi emosional maupun profesional dari slide presentasi. Lalu, bagaimana tips menentukan warna dalam slide? Kombinasi warna apa saja yang harus saya gunakan sehingga slide presentasi saya tampak menarik? Bagaimana penentuan warna slide sehingga tampilan presentasi saya memukau dan tampak profesional? Nah, untuk menjawab berbagai pertanyaan di atas, berikut adalah runtutan penjelasan saya tentang slide presentasi serta kombinasi warna. Saya berharap jawaban ini juga menjadi tips menentukan warrna slide Anda.

Warna untuk Audiens

Pertama, kita harus paham, slide presentasi adalah untuk ditunjukkan pada audiens. Slide presentasi adalah hak visual mereka. Kewajiban presenter adalah menjamin visualisasi slide mudah dimengerti, dipahami dan nyaman di mata audiens. Oleh karena itu wajib bagi seorang presenter mengetahui latar belakang audiens, baik pendidikan, usia hingga profesi mereka. Sekedar tips saja, untuk audiens yang masih muda, usia di bawah 35 tahun, perbanyak warna hangat (warm colors)  pada tampilan slide Anda, misal pada baju yang dipakai subyek slide, benda yang Anda tunjukkan serta visualisasi huruf. Sedangkan untuk audiens di atas usia 35 tahun, perbanyak warna dingin atau cool colors. Berikut adalah visualisasi warna hangat dan dingin.

 

Perhatikan Kontras

Kontras memperjelas visualisasi slide presentasi Anda. Secara umum, ukuran kontras bisa ditunjukkan dari kejelasan tulisan yang tampak jika dipadukan dengan background. Oleh karena itu berikut tips menentukan warna slide untuk dua macam jenis background slide dengan dominasi warna tertentu:

Background gelap: seperti biru gelap, lebih baik menggunakan teks berwarna putih atau kekuningan, sedangkan shapes bisa memakai warna orange, biru langit atau hijau limau.

Background terang: seperti warna putih gading, bisa menggunakan teks berwarna biru gelap, abu-abu gelap atau kecoklatan, serta aksen shapes berwarna hijau gelap. Berikut adalah contoh perpaduan background dan teks, “best” menunjukkan warna cukup kontras dan terbaca. “fair” menunjukkan warna tidak cukup kontras dan kurang baik dalam slide, sedangkan “poor” menunjukkan perpaduan warna yang harus dihindari:

Emosi Warna

Setiap warna memiliki karakteristik yang berbeda. Warna bisa menjadi simbol emosi tertentu. Berikut adalah beberapa contoh warna dan karakteristiknya, semoga bisa menjadi tips menentukan warna slide Anda:

Hitam: berat, tegas, pembeda, duka.

Coklat: membumi, sederhana.

Biru: kedamaian, kepercayaan, keamanan, percaya diri.

Hijau: alam, lingkungan, alami, segar.

Abu-abu: konsisten, keamanan, stabil, praktis.

Merah: gairah, semangat, cinta, panas, larangan.

Orange: hangat, fleksibel.

Kuning: optimis, kegembiraan, idealisme, imajinasi.

Putih: sederhana, murni, kesucian.

Pilihlah skema warna yang paling sesuai dengan audiens dan tujuan presentasi Anda.

Nah, itulah 3 hal yang patut kita perhatikan dalam tips menentukan warna slide presentasi. Moga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Salam Amazing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.