BLOG

Tips Mendesain Infografis Timeline

Tips mendesain infografis timeline. Sebelum mendesain infografis, pastinya Anda akan menentukan jenis infografis apa yang sesuai dengan informasi yang disampaikan. Jika Anda ingin menjelaskan sebuah peristiwa atau sejarah, menjelaskan jadwal pada waktu tertentu, menjelaskan pengembangan produk, bahkan evolusi konsep, saatnya memilih infografis timeline sebagai media presentasi. Dengan struktur linear yang sederhana, ia dapat menjadikan informasi yang kompleks menjadi lebih menarik dan mudah dipahami. Tak perlu khawatir memikirkan bagaimana cara mendesainnya, kami akan mengupas secara singkat dan jelas dalam tips mendesain infografis timeline yang kami ulas dari venngage:

1- Buat Outline Terlebih Dahulu

Tips mendesain infografis timeline yang pertama yakni buat outline terlebih dahulu. Jika Anda langsung membuat infografis timeline tanpa outline, hal itu kurang disarankan karena Anda perlu mengetahui berapa dan konten apa saja yang akan dimasukkan ke dalamnya. Jika tidak mengetahui jumlah konten yang dimasukkan, dikhawatirkan terjadi kesalahan layout sehingga akan memakan banyak waktu untuk mengeditnya kembali. Ada empat komponen utama dari infografis timeline yang harus ada antara lain tanggal, deskripsi, header/sub judul, dan gambar/ikon. Yang perlu digaris bawahi yakni deskripsi peristiwa harus singkat dan tidak terlalu panjang. Idealnya, deskripsi hanya boleh dijelaskan kurang dari tiga puluh kata.

2- Memilih Layout

Terdapat 3 layout infografis timeline seperti horisontal, vertikal, dan berliku. Sebelum memutuskan memilih layout yang mana, pertimbangkan dua faktor antara lain jumlah poin dan jumlah teks yang ada dalam deskripsi. Ada layout yang cocok untuk deskripsi panjang, ada juga yang cocok untuk deskripsi singkat, jadi jangan sampai salah dalam menentukan pilihan. Berikut tujuan dari masing-masing layout: 1) Vertikal, lebih popular digunakan sebagian besar pakar infografis karena sangat fleksibel untuk menyesuaikan semua jenis konten. Ini cocok digunakan jika Anda memiliki konten yang kompleks dengan titik waktu sekitar 7, yang terdiri dari campuran teks dan gambar. Silakan membuat deskripsi di sini kanan dan kiri atau rata kiri. 2) Horisontal, cocok digunakan untuk konten yang singkat sekitar maksimal 6 atau 7 titik waktu. Hampir mirip dengan vertikal, hanya saja horisontal lebih singkat teksnya daripada vertikal 3) Berliku, cocok digunakan jika Anda memiliki minimal 10 titik waktu, namun mempunyai teks yang singkat dan lebih dititikberatkan pada sisi visual atau gambarnya.

3- Buat Kerangka Kerjanya

Di tahap ini, Anda bisa memulai mendesain infografis timeline dengan layout yang sesuai kebutuhan. Pertama, mulailah dengan membuat garis vertikal, horisontal, atau berliku, lalu tambahkan garis atau titik untuk setiap waktu yang memuat konten-konten Anda.

4- Tambahkan tanggal, teks, dan gambar/ikon

Dari ketiga elemen seperti tanggal, teks, dan gambar/ikon, dahulukan menginsert gambar/ikon karena itu yang menjadi titik fokus infografis.  Kemudian diikuti dengan tanggal, subjudul/header, dan deskripsinya.

5- Berikan Sentuhan Warna, Font, dan Shape

Tips mendesain infografis timeline yang terakhir yakni berikan sentuhan warna, font, dan shape. Untuk warna, pastikan masing-masing titik waktu mempunyai warna yang sama. Misalnya pada teks header/sub judul menggunakan warna hijau, maka gunakan warna hijau di semua teks header/sub judulnya. Begitu pula dengan teks “time” dan kontennya, gunakan warna yang sama pula. Untuk font, berikan ukuran font yang besar untuk teks “time”, ukuran sedang untuk sub judul, serta ukuran kecil untuk konten. Ohiya, Anda perlu menambahkan shape untuk menempatkan ikon agar lebih rapi dan tertata.

Itulah tips mendesain infografis timeline yang dapat kami bagikan kepada Anda. Jika Anda perlu meningkatkan skill desain infografis yang amazing, Kreasi Presentasi menawarkan kerjasama spesial untuk Anda yang ingin terus belajar menciptakan desain infografis kelas dunia. Silakan menghubungi Bu Isti di nomor 0857-3333-0407.

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment