BLOG

Tips Mendengarkan Audiens

Ketika presentasi tidak selamanya presenter berbicara. Ada waktunya presenter harus mendengarkan audiens. Salah satunya di sesi tanya jawab. Di momen ini, presenter wajib mendengar pertanyaan dan masukan audiens. Bagi Anda yang sering menyampaikan presentasi, berikut adalah tips mendengarkan audiens bagi Anda:

1- Dengarkan dengan senyum

Audiens menanyakan sesuatu pasti memiliki maksud. Salah satu maksud yang pasti adalah keingintahuan. Sambutlah keingintahuan audiens dengan prasangka positif. Salah satu wujud prasangka positif adalah mendengarkan audiens dengan senyuman hingga dia usai menyampaikan pertanyaannya.

2- Berpikirlah dulu sebelum menjawab

Ketika Anda mendengarkan audiens, berpikirlah sebelum menjawab pertanyaan. Rangkai jawaban Anda dengan menghubungkannya dengan materi presentasi. Jangan keluar dari topik untuk menjaga profesionalisme. Inilah tips mendengarkan audiens sesuai dengan tema presentasi Anda. Jika pertanyaan audiens keluar dari topik, maka ucapkan maaf pada audiens tersebut dan jika memungkinkan dijawab diluar forum.

3- Jangan menyela pembicaraan audiens

Biarkan audiens menyelesaikan pertanyaannya, jangan menyela pembicaraan mereka. Dengan menghargai audiens, maka mereka pun akan menghargai kita sebagai presenter. Memberikan kesempatan audiens untuk menyelesaikan pertanyaan, membuat kita tidak salah mengambil kesimpulan dan memberikan waktu bagi presenter untuk memikirkan jawaban pertanyaannya.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , ,

Post a comment