Tips Memilih Font

Dalam desain slide, kata-kata merupakan salah satu unsur penting untuk menunjukkan pesan maupun nuansa desain yang indah. Karena kata-kata maupun kalimat sangat penting di dalam slide presentasi, maka sebuah kewajiban bagi kita untuk mengetahui tips memilih font dengan baik. Nah, berikut adalah 3 langkah tips memilih font untuk desain slide presentasi. Semoga bermanfaat bagi Anda:

1-Pilih font yang sesuai dengan tema slide.

Nuansa slide presentasi sangat berpengaruh terhadap pemilihan jenis font. Secara umum ada 2 nuansa desain slide. Yang pertama, nuansa klasik. Slide bernuansa klasik akan cocok dengan jenis font yang tebal, tegas dan banyak lekukan, seperti Times New Roman maupun Palatino. Sedangkan slide yang bernuansa modern, akan cocok dengan jenis font yang simpel, ringan dibaca dan minim lekukan, seperti Calibri maupun Arial. Seperti apakah slide klasik itu, sebagai contoh jika slide Anda banyak menunjukkan benda-benda bersejarah seperti candi, kuil maupun tempat historikal, maka slide tersebut bernuansa klasik. Berikut beberapa jenis font dengan karakter masing-masing, tentu Anda bisa menentukan mana yang untuk slide klasik, maka pula yang untuk slide modern.

fonts-12-662x694

2-Pilih font yang mudah dibaca.

Tips memilih font yang kedua adalah, pilihlah font yang mudah dibaca. Lho bukankah semua jenis font gampang dibaca? Eit, tunggu dulu, tentu saya mengatakan hal ini ada dasarnya. Di dalam ilmu tipografi ada langkah sederhana untuk membuktikan bahwa font tersebut mudah dibaca atau tidak, yaitu dengan menggunakan Tes 1/I/l. Tes ini menempatkan 3 buah karakter yaitu angka satu (1), huruf L kecil (l), dan huruf i besar (I). Jika ada perbedaan nyata antara ketiganya, maka font tersebut secara umum mudah dibaca, karena font tersebut mampu membedakan 3 karakter yang sangat tipis diferensiasinya. Tes ini disarankan oleh pakar tipografi Jessica Hische. Berikut contoh tabel perbandingannya:

fonts-11-662x438

Nah, pada tabel tersebut, kita akhirnya mengerti bahwa font Gill Sans merupakan salah satu font yang kurang baik dalam membedakan angka 1, huruf L dan huruf i.

3-Pilih font yang lengkap jenisnya.

Jika Anda mendownload free font dari sebuah website yang menyediakan layanan font gratis, seringkali sebuah font tidak memiliki karakter dan jenis yang lengkap. Semisal, sebuah font hanya memiliki jenis regular, tanpa memiliki jenis bold, semibold, italic, maupun tipe light. Adakalanya sebuah font hanya memiliki jenis huruf besar dan tidak mampu mengeluarkan karakter tanda baca seperti (*). (#) dan sebagainya. Tentu hal ini bisa dimaklumi, karena font yang Anda download sifatnya free atau tidak berbayar. Nah, jika demikian, coba cek di web tersebut, apakah font yang Anda download memiliki banyak jenis atau tipe. Jika ya, maka Anda bisa mendownloadnya. Namun jika Anda tidak menemukan, Anda bisa membeli jenis font berbayar yang pasti memuaskan.

Nah, itulah 3 tips memilih font yang pasti bermanfaat untuk desain slide Anda. Jika Anda kesulitan untuk menentukan desain slide yang pas dalam presentasi, maka silakan ikuti workshop Amazing Slide Presentation maupun Amazing Slide miniMAX dengan menghubungi Bu Isti di nomor 0857 3333 0407.

Salam Amazing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.