BLOG

Tips Komunikasi dalam Presentasi

Semakin dalam saya mempelajari slide presentasi, semakin kecil rasanya pengetahuan yang saya miliki. Saya merasa kurang dan selalu kurang untuk mempelajari bidang ilmu lainnya. Salah satunya teknik presentasi yang hari ini saya pelajari dari rekan saya, Mas Dinar Apriyanto. Kami berdua berkolaborasi untuk memberikan inhouse Amazing Slide Presentation di PT. Astra Honda Motor.

Salah satu teknik yang saya pelajari dari Mas Dinar adalah tips komunikasi dalam presentasi. Ternyata ada 4 langkah yang bisa kita lakukan dalam presentasi untuk membuat suasana ruangan tetap hidup, mulai awal hingga akhir presentasi. Apa saja tips komunikasi dalam presentasi tersebut? Berikut urutannya:

1- Ulangi pertanyaan dan pernyataan

Jika kita merasa interaksi antara kita dan audiens sudah mulai berkurang, salah satu tips komunikasi dalam presentasi yang bisa dilakukan adalah meminta audiens untuk mengulangi pertanyaan atau pertanyaan yang kita buat. Ini membuat audiens kembali fokus dalam pembahasan presentasi.

2- Hindari mengomentari pendapat negatif

Mengomentari audiens boleh-boleh saja, selama ungkapan kita positif dan memotivasi. Namun perlu kita tahu, tidak selamanya tanggapan audiens selalu baik dan positif. Kadang-kadang adapula audiens yang memberikan statemen negatif yang tentu saja kita tidak menyetujuinya. Meski demikian sebagai presenter kita wajib menahan diri untuk bersikap. Cukup menanggapi pernyataan tersebut dengan jawaban singkat yang memutus argumen negatif audiens. Seperti, “Baik Pak, nanti masukan Bapak akan saya pertimbangkan.” Atau, “Baik, jika demikian tanggapan Bapak, kita keep dulu. Sekarang kita kembali ke pembahasan materi ya Pak.” Beri tanggapan dengan tersenyum dan kembalilah ke presentasi Anda.

3- Puji dan ucapkan terima kasih pada audiens

Setiap kali audiens mengunggapkan pendapat, berani menerima tantangan, mau mengikuti instruksi dan berbagai hal positif lainnya, maka kita wajib mengucap terima kasih dan memuji mereka. Hal ini akan mendekatkan Anda dengan audiens. Makin dekat, komunikasi dalam presentasi kian lancar.

4- Tunjuk peserta

Bila Anda mengalami stuck dalam presentasi saat memberikan instruksi, atau jika Anda sudah meminta audiens untuk mengikuti instruksi namun mereka mengacuhkan, maka Anda bisa menunjuk dengan sopan salah satu peserta untuk mewakili audiens keseluruhan. Ini bisa menjadi stimulus positif untuk membuat alur presentasi tetap berjalan positif dan mengasyikkan.

Nah, itulah 4 tips komunikasi dalam presentasi yang hari ini saya pelajari dari Mas Dinar Apriyanto. Terima kasih ya Mas. Sekaligus, saya mengucap terima kasih pada PT. Astra Honda Motor atas kepercayaannya pada Kreasi Presentasi untuk membina staf dan karyawan selama beberapa batch.

Salam Amazing.

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment