Tips Infografis untuk Non Desainer

24-25 Oktober 2015 lalu, Amazing Slide MiniMAX digelar di Hotel Amaris Cihampelas Bandung. Workshop batch-4 ini khusus membahas tentang infografis. Teknik desain bergaya flat ini sekarang telah menjadi tren dalam visualisasi data. Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan tips terkini tentang inografis, berikut adalah tips infografis untuk non desainer yang saya ambil dari beberapa sumber. Apa sajakah tips tersebut? Berikut 4 tips infografis untuk non desainer supaya tampilan infografis Anda memukau.

1- Tentukan Template Warna Infografis Anda.

Untuk memudahkan Anda mendesain infografis tentukan bahan yang akan Anda desain menjadi infografis, entah itu artikel, modul atau buku. Setelah itu tentukan template warna infografis Anda. Patern warna infografis ini diusahakan menggunakan warna yang soft dan teduh. Jika infografis ini dipakai di dalam sebuah corporate, maka usahakan warna corporate menjadi dominansi infografis tersebut. Sehingga budaya corporate tercermin melalui infografisnya.

2- Visualisasikan jangan Ditulis Ulang.

Infografis bukan tulisan yang dicopas lalu diberi gambar, namun infografis adalah bentuk visual dari suatu informasi. Artinya, informasi itu tidak diduplikasi ulang tapi disederhanakan dalam bentuk gambar. Infografis membuat audiens melihat data, bukan membuat audiens membacanya.

3- Gunakan Image dan Icon yang Eyecatching.

Icon atau image dalam infografis hendaknya eyecatching sehingga menarik untuk dilihat. Gunakan gambar-gambar yang sederhana dan mudah dipahami. Hindari image abstrak yang menimbulkan multitafsir. Setelah itu, berikan sedikit keterangan yang menjelaskan maknda dari image tersebut. Dengan ini, infografis Anda akan mudah dipahami.

4- Atur Infografis supaya Seimbang dan Mudah Dibaca.

Ada 2 hal yang harus diperhatikan dalam pengaturan infografis yaitu seimbang dan mudah dibaca. Seimbang maksudnya infografis tersebut memiliki komposisi yang enak dipandang, bukan sekedar asal taruh dan tempel. Sedangkan mudah dibaca artinya hendaknya infografis menggunakan jenis huruf yang ringan di mata dan gampang dieja. Huruf seperti Calibri, Myriad Pro dan Helvetica sangat direkomendasikan untuk memberi keterangan pada infografis Anda.

Nah, itulah 4 tips infografis untuk non desainer. Semoga bermanfaat untuk desain infografis Anda ke depannya. Jika ingin mengikuti pelatihan infografis untuk presentasi Anda, silakan menghubungi perusahaan presentasi dan desain slide pertama di Indonesia, Kreasi Presentasi melalui Bu Isti di nomor 0857 3333 0407.

Salam Amazing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.