BLOG

Tips Humor Presentasi

Tipikal orang Indonesia suka dengan kisah dan humor, maka alangkah baiknya kita mempersiapkan presentasi dengan kisah dan humor di dalamnya. Kali ini saya akan berbagi tips humor presentasi yang bisa membuat segar suasana presentasi Anda dengan konten yang elegan dan mampu menaikkan rasa percaya diri Anda.

Bagaimana cara mendesain humor yang pas dalam presentasi? berikut 3 tips humor presentasi secara singkat, yang saya rangkum dari berbagai sumber:

  1. NO SARA

Sampaikanlah humor dengan tetap menjaga netralitas Anda sebagai presenter. Usahakan tidak menyinggung SARA atau Suku, Agama, ras maupun Antar Golongan. Jika Anda presentasi si sebuah perusahaan otomotif A yang sedang bersaing dengan perusahaan B, maka jangan sekali-kali menyinggung kelemahan perusahaan B di hadapan audiens Anda. Hal ini bisa meningkatkan energy negatif di benak audiens, sehingga membuat mereka bersaing dengan cara yang tidak sehat. Seharusnya seorang presenter menjadi motor penggerak opini positif dan semangat, bukan menyebar kedengkian dan kebencian.

  1. NO FISIK

Terus terang saya sangat tidak suka jika dalam televisi ada lelucon atau lawakan yang menghina fisik orang lain. Yang gendut lah, hitam lah, botak lah dan sebagainya. Presenter sangat dilarang untuk menyampaikan jokes tentang fisik yang bisa menyakiti hati audiens. Andaikata seseorang boleh memilih seperti apa fisiknya ketika lahir, tentu sebagian besar manusia memilih menjadi tampan dan cantik, namun kenyataannya tidaklah seideal yang kita inginkan. Fisik bukanlah ukuran kemuliaan manusia. Seorang presenter yang baik seharusnya memberikan motivasi dan inspirasi bahwa setiap manusia punya potensi yang sama untuk sukses seperti apapun bentuk fisiknya, karena Tuhan maha Adil.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment