Tips Grooming untuk Presentasi

Berbusana atau grooming adalah salah satu faktor yang membuat audiens tertarik pada Anda ketika presentasi. Oleh karena itu tips grooming untuk presentasi menurut saya sangat penting. Apalagi kita ketahui bersama bahwa secara psikologis, mayoritas orang Indonesia adalah orang visual, menilai kesan pertama yang ditangkap oleh mata sangat penting. Maka, jangan sampai kita salah busana dalam presentasi. Apa saja tips grooming untuk presentasi? Berikut adalah sedikit tips yang pernah saya peroleh dari Ibu Leila Mona Ganiem, seorang pakar kepribadian dan busana, yang secara personal pernah menilai penampilan grooming saya.

1- Perhatikan Postur Anda

Apakah postur Anda lebih tinggi atau lebih pendek dari orang-orang sekitar Anda? Secara obyektif Anda lah yang bisa menilai. Jika Anda merasa lebih kecil, maka gunakan busana yang memberi kesan seolah Anda lebih tinggi. Misal jika Anda lelaki, usahakan menggunakan jas yang tidak membentuk tubuh, sehingga kesan kecil bisa dihindari. Jika Anda presenter wanita, usahakan menggunakan sepatu yang ber-hak, sehingga tinggi tubuh Anda mendekati rata-rata.

Jika Anda merasa bentuk tubuh Anda gemuk, maka gunakan kemeja yang bergaris vertikal. Jangan menggunakan rompi atau jas yang lebar, jangan pula menggunakan celana dengan lipatan. Sebaliknya, jika Anda merasa sedikit kurus, kemeja dengan motif horizontal akan menambah kesan “berisi” pada tubuh Anda.

2- Perhatikan Warna Kulit Anda

Secara umum, warna kulit coklat cocok dengan busana yang berwarna pastel. Jangan menggunakan warna busana yang terlalu mencolok ataupun terlalu gelap. Karena bisa membuat Anda terlihat lebih kusam. Sebaliknya jika kulit Anda putih, maka busana berwarna apapun cocok untuk Anda. Namun perhatikan rule dasar seorang presenter, usahakan busana Anda satu level di atas audiens. Semisal, jika audiens memakai kemeja, maka Anda menggunakan kemeja dan berdasi. Bila audiens berdasi, maka Anda ber-jas dan seterusnya.

3- Gunakan Penarik Perhatian

Jika Anda presentasi di hadapan direksi misalnya, maka boleh jadi level busana Anda kalah dibanding dengan mereka. Untuk menaikkan kepercayaan diri Anda, Anda boleh menggunakan penarik perhatian yang bisa membuat audiens “lupa” bahwa busana mereka di atas presenter. Rekan saya Aldo Aressa, seorang aktor dan associate Amazing Slide Presentation biasanya menggunakan pin capung kristal Swarowski, yang saya yakin sangat jarang orang yang memilikinya.

Saya sendiri menggunakan batik bertuliskan Amazing Slide Presentation yang dibuat secara terbatas oleh Sidji Batik. Penarik perhatian ini bukanlah hal mutlak yang harus Anda miliki, namun alangkah baiknya jika Anda mulai memikirkannya, sehingga ketika presentasi Anda kian naik level, kepercayaan diri Anda juga kian meningkat.

4- Perhatikan style standar Anda

Bila Anda perhatikan presenter kelas dunia, selalu memiliki ciri khas dalam berbusana. Steve Jobs dengan sweater gelap dan jeans. Bill Gates dengan kemeja casual serta jeans. Nancy Duarte dengan busana blazer dan rok di bawah lutut. Nah, bagaimana dengan Anda? Kalau saya pribadi, di saat presentasi workshop 2 hari Amazing Slide Presentation, ada 2 baju yang saya kenakan, hari pertama dengan jas resmi berdasi, sedangkan hari kedua dengan batik Amazing Slide Presentation serta jeans. Bila Anda sudah punya style standar, jangan diubah, karena itulah gaya Anda yang melekat dengan audiens.

Itulah 4 tips grooming untuk presentasi yang bisa saya sampaikan pada Anda, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda tentang busana.

Salam Amazing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.