Tips Diagram Struktur Organisasi

Pelatihan Infografis, Videografis & Visualisasi Data, CP: 0857 3333 0407.

Tips Diagram Struktur Organisasi

Dalam sebuah organisasi, penyusunan diagram struktur organisasi sangat penting untuk menunjukkan hierarki karir di tempat tersebut. Baik di perusahaan, lembaga nirlaba hingga organisasi kemasyarakatan. Di Powerpoint, Anda bisa membuat diagram struktur organisasi dengan SmartArt. Sebuah fitur yang kaya dan pintar untuk menyusun diagram organisasi.

Meski demikian, ada sejumlah kesalahan yang sering kita lakukan dalam pembuatan diagram struktur organisasi tersebut. Kesalahan-kesalahan itu akan coba kita beri solusi di artikel ini. Saya berharap, artikel tentang tips diagram struktur organisasi ini mampu menjadi jawaban bagaimana menyusun diagram dengan baik dan benar, baik untuk visualisasi data maupun infografis.

Referensi yang saya gunakan berasal dari tulisan SmartDraw yang banyak menjadi rujukan penyusunan diagram di berbagai corporate. Selain artikel ini, saya dan tim Kreasi Presentasi juga bisa membantu Anda untuk bersama-sama memplejari tentang infografis dan visualisasi data, melalui pelatihan infografis Amazing Slide Infographic, baik secara offline, maupun online. Silakan menghubungi Bu Isti untuk penawaran istimewa di 0857 3333 0407.

Apa saja tips diagram struktur organisasi tersebut? Berikut adalah tips-tipsnya:

1- Susun Diagram sehingga bisa Dibaca di Satu Halaman Saja

Diagram organisasi yang terlalu panjang atau lebar, akan sangat mengganggu pemahaman pembaca tentang susunan organisasi tersebut. Sebaiknya diagram organisasi mampu ditunjukkan dalam satu halaman saja. Oleh karena itu, alangkah lebih baik kita memperhatikan ukuran lebar dan tinggi kanvas diagram, apakah posisi diagram dibuat vertikal atau horizontal, sebelum kita menyusun diagram organisasi lebih lanjut.

2- Kumpulkan Orang dengan Posisi yang Sama dalam Satu Shape

Diagram organisasi akan lebih rapi jika kita menempatkan orang-orang dengan posisi yang sama di dalam satu shape atau kotak diagram. Ini menghemat tempat, memudahkan pembaca memahami diagram, sekaligus meringkas isi diagram organisasi. Misalkan, di perusahaan Anda ada 4 orang programmer. Maka akan lebih baik 4 orang programmer dimasukkan dalam satu shape saja, dibanding masing-masing nama programmer memiliki shape sendiri-sendiri.

3- Samakan Ukuran Shape Diagram Organisasi

Tips diagram struktur organisasi berikutnya adalah menyamakan ukuran masing-masing shape diagram. Kotak diagram yang memiliki ukuran berbeda, akan membuat audiens bingung memahami diagram Anda. Mana kotak yang harus ia perhatikan dan mana yang tidak. Semua serba kabur. Membuat ukuran shape menjadi sama memudahkan audiens dalam membaca hierarki diagram, sekaligus memudahkan Anda untuk mengukur berapa luas area diagram dalam satu kanvasnya.

4- Masukkan Kotak Asisten diantara Atasan dan Bawahan

Biasanya, orang-orang dengan kedudukan yang tinggi memiliki asisten untuk membantu kemudahan tugas mereka. Jika kita ingin memasukkan asisten dalam struktur organisasi, maka tempatkan asisten di antara Manager dan Stafnya misalnya. Diantara Direktur dengan General Manager misalnya. Diantara Supervisor dengan staf misalnya. Asisten ditempatkan diantaranya karena dia merupakan konektor antara tugas atasan dengan bawahan. Berikut contoh diagramnya:

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment