BLOG

Tips Cepat Perbaiki Bahasa Tubuh Presentasi

Apakah Anda pernah melakukan hal-hal yang tidak Anda sadari ketika gelisah? Atau melakukan hal-hal yang menurut Anda biasa namun sangat mengganggu orang lain ketika presentasi…, misal mengetuk-ketukkan jari, memainkan bolpoin atu pensil, mengusap hidung, memainkan rambut, atau sering membenarkan kacamata meski posisi kacamata Anda sudah benar… jika ini pernah Anda alami, maka artikel tips cepat perbaiki bahasa tubuh presentasi ini perlu Anda simak hingga selesai.

Menurut Carmine Gallo kebiasaan di luar kesadaran ini akan sangat mengganggu performa presentasi Anda. Dalam bukunya “Talk Like TED”, Gallo mengungkapkan pengalamannya ketika mengikuti presentasi seorang penulis dan motivator yang terus menerus memainkan koin dengan tangannya. Memang menurut dia, apa yang dilakukan presenter tersebut tidak mempengaruhi isi materi presentasi, namun berkali-kali perhatian Gallo terganggu dengan aktifitas koinnya, Gallo merasa ada yang tidak beres dengan orang tersebut, “He drive me nuts…” kata Gallo. Hehe…

Nah, lalu bagaimana tips cepat perbaiki bahasa tubuh presentasi supaya kita tidak melakukan kesalahan yang sama berulang-ulang? Berikut saya akan memberi beberapa contoh bahasa tubuh diluar kesadaran dan solusi cepatnya:

Fidgeting & Taping

Fidgeting adalah aktifitas “aneh” yang dilakukan diluar kesadaran kita. Seperti memainkan rambut, kacamata, bolpoin, menggigit kuku dan sebagainya. Memang tidak ada terjemahan yang pas dalam bahasa Indonesia untuk aktifitas ini. Di Jepang hal ini disebut dengan Kuse ( ). Sedangkan Taping adalah mengetuk-ketuk sesuatu, bisa jari yang mengetuk-ketuk meja atau kaki yang mengetuk-ketuk lantai.

Solusinya:

Fidgeting dan taping Muncul karena kita diam tanpa tujuan. Solusinya, ketika presentasi bergeraklah dengan tujuan. Mainkan gestur tubuh Anda untuk menjelaskan materi presentasi. Ini meminimalisir fidgeting dan taping berulang. Anda bisa melakukan percobaan sederhana, apakah Anda melakukan fidgeting atau taping saat presentasi. Minta tolonglah teman Anda untuk merekam presentasi Anda. Tonton ulang dan evaluasilah.

Berdiri di Satu Tempat

Bagi seorang tentara, berdiri di satu tempat dalam waktu yang lama penting untuk karirnya. Namun bagi seorang presenter, berdiri di satu tempat dalam waktu yang lama akan cepat menurunkan tempo semangat audiens dalam memperhatikan materi presentasi.

Solusinya:

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment