Tips Cepat Perbaiki Bahasa Tubuh Presentasi

Apakah Anda pernah melakukan hal-hal yang tidak Anda sadari ketika gelisah? Atau melakukan hal-hal yang menurut Anda biasa namun sangat mengganggu orang lain ketika presentasi…, misal mengetuk-ketukkan jari, memainkan bolpoin atu pensil, mengusap hidung, memainkan rambut, atau sering membenarkan kacamata meski posisi kacamata Anda sudah benar… jika ini pernah Anda alami, maka artikel tips cepat perbaiki bahasa tubuh presentasi ini perlu Anda simak hingga selesai.

Menurut Carmine Gallo kebiasaan di luar kesadaran ini akan sangat mengganggu performa presentasi Anda. Dalam bukunya “Talk Like TED”, Gallo mengungkapkan pengalamannya ketika mengikuti presentasi seorang penulis dan motivator yang terus menerus memainkan koin dengan tangannya. Memang menurut dia, apa yang dilakukan presenter tersebut tidak mempengaruhi isi materi presentasi, namun berkali-kali perhatian Gallo terganggu dengan aktifitas koinnya, Gallo merasa ada yang tidak beres dengan orang tersebut, “He drive me nuts…” kata Gallo. Hehe…

Nah, lalu bagaimana tips cepat perbaiki bahasa tubuh presentasi supaya kita tidak melakukan kesalahan yang sama berulang-ulang? Berikut saya akan memberi beberapa contoh bahasa tubuh diluar kesadaran dan solusi cepatnya:

Fidgeting & Taping

Fidgeting adalah aktifitas “aneh” yang dilakukan diluar kesadaran kita. Seperti memainkan rambut, kacamata, bolpoin, menggigit kuku dan sebagainya. Memang tidak ada terjemahan yang pas dalam bahasa Indonesia untuk aktifitas ini. Di Jepang hal ini disebut dengan Kuse ( ). Sedangkan Taping adalah mengetuk-ketuk sesuatu, bisa jari yang mengetuk-ketuk meja atau kaki yang mengetuk-ketuk lantai.

Solusinya:

Fidgeting dan taping Muncul karena kita diam tanpa tujuan. Solusinya, ketika presentasi bergeraklah dengan tujuan. Mainkan gestur tubuh Anda untuk menjelaskan materi presentasi. Ini meminimalisir fidgeting dan taping berulang. Anda bisa melakukan percobaan sederhana, apakah Anda melakukan fidgeting atau taping saat presentasi. Minta tolonglah teman Anda untuk merekam presentasi Anda. Tonton ulang dan evaluasilah.

Berdiri di Satu Tempat

Bagi seorang tentara, berdiri di satu tempat dalam waktu yang lama penting untuk karirnya. Namun bagi seorang presenter, berdiri di satu tempat dalam waktu yang lama akan cepat menurunkan tempo semangat audiens dalam memperhatikan materi presentasi.

Solusinya:

Tidak lain adalah bergerak. Mendekatlah pada audiens dan saling berinteraksi. Pergerakan pun sebaiknya diatur supaya tidak berlebihan dan mengganggu audiens. Oya.. untuk mengetahui apakah Anda berdiri di satu tempat pada waktu yang lama, rekam presentasi Anda dengan menggunakan handphone secara vertikal di satu posisi yang stagnan. Jika gambar Anda tidak keluar dari frame  handphone lebih dari 5 menit, maka Anda sudah diam terlalu lama.

Tangan di Kantong Celana

Ini hal sepele, mungkin jika Anda berprofesi sebagai model, ini keren. Namun bila hal ini terjadi pada presenter terutama bagi yang laki-laki, ini sangat mengganggu. Saya pun dulu pernah melakukannya, memasukkan telapak tangan ke saku celana, seringkali terjadi saat saya gugup atau tidak percaya diri membawakan materi presentasi.

Solusinya:

Keluarkan tangan Anda dari saku. Bisa Anda minimalisir juga dengan membawa sesuatu, seperti microphone di tangan kanan dan pointer di tangan kiri, dans ering-seringlah berlatih supaya Anda lebih percaya diri.

Seorang psikolog dari Harvard Business School, Amy Cuddy memberikan sebuah masukan berharga bagi setiap presenter yang ingin menyampaikan materi presentasi. Dirinya mengatakan bahwa otak manusia mempengaruhi bahasa tubuh kita, sehingga apapun yang dipikirkan otak akan terlihat dari luar. Menurut dirinya, hal ini juga berlaku kebalikannya. Posisi tubuh kita bisa mempengaruhi otak, “Fake it, until you make it..” Jika kita merasa tidak percaya diri, coba ubah posisi tubuh kita. Tegakkan tubuh, hadap ke audiens dan sapa mereka dengan tangan terbuka. Menurut riset, orang yang gelisah dan mengubah gestur tubuhnya menjadi tegak, ternyata meningkatkan produksi hormon testosteron sehingga lebih berani, dan menekan hormon kortisol sehingga kegugupan berkurang.

Nah… bagaimana? Semoga tips cepat perbaiki bahasa tubuh presentasi ini bisa mengubah mindset kita untuk menampilkan presentasi terbaik pada audiens dengan lebih percaya diri dan keren.

Silakan pula bagi yang ingin belajar slide presentasi profesional, infografis dan videografis untuk presentasi bareng saya dan tim Kreasi Presentasi, Anda bisa menghubungi Bu Isti di nomor 0857 3333 0407.

Salam Amazing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.