Tips Body Languange untuk Presentasi

Seorang pakar manajemen dan public speaker dunia, Peter F. Drucker pernah mengatakan bahwa hal terpenting dalam komunikasi adalah mendengarkan apa yang tidak terucapkan. Itulah yang disebut dengan bahasa nonverbal. Bahasa ini tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata namun terlihat saat seseorang menyampaikan pesannya. Banyak ahli yang menyebutnya sebagai body language. Penggunaan body language yang tepat saat Anda presentasi, mampu membantu audiens memahami pesan Anda lebih dalam, melihat intelektualitas Anda serta mengetahui keluasan pola pikir Anda.

Lalu bagaimana aplikasi body language dalam presentasi? Berikut adalah 10 tips body languange untuk presentasi Anda. Tips ini saya ambil dari presentasi Soap Presentations. Berikut tips body language untuk presentasi Anda:

1- Tegakkan dan buka Anda menghadap audiens, dan luruskan punggung Anda. Ternyata hal ini mempermudah Anda untuk lebih percaya diri, memudahkan Anda untuk bernapas dan lebih rileks dalam menghadapi presentasi.

2- Bikin audiens nyaman dengan presentasi Anda. Caranya sangat mudah, tersenyumlah saat Anda presentasi. Dengan tersenyum, audiens akan memandang Anda lebih bersahabat.

3- Untuk menggerakkan hati audiens, gunakan gerak lengan dan tubuh dengan alami, jangan lupa untuk memperhatikan kontak mata dengan audiens.

4- Kadangkala Anda pun juga harus menunjukkan otoritas Anda di depan audiens. Untuk hal ini lakukan pergerakan dengan tenang dan perlahan. Ini akan membantu audiens percaya dengan Anda dan menunjukkan kepercayaan diri Anda.

5- Tips body languange untuk presentasi berikutnya adalah melakukan pergerakan poin per poin. Misalnya dalam presentasi, Anda menjelaskan tiga kata kunci. Maka tetaplah di posisi A saat menjelaskan kata kunci pertama. Lalu bergeraklah ke posisi B saat menjelaskan kata kunci kedua. Dan bergeraklah ke posisi C saat menjelaskan kata kunci ketiga. ini akan memudahkan audiens mengingat konten presentasi Anda.

6- Berikan variasi dalam pergerakan Anda. Pastikan saat presentasi Anda melibatkan pergerakan kepala, lengan dan tangan. Lakukan pergerakan yang variatif dan tidak monoton. Oya… audiens akan mampu melihat secara penuh pergerakan Anda dari perut ke atas. Maka pastikan pergerakan Anda di sekitar bagian tersebut variatif.

7- Libatkan media presentasi dalam presentasi Anda. Sekali-kali Anda perlu menunjuk ke layar monitor, apalagi untuk hal-hal yang penting. Dengan ini audiens akan mengikuti tangan Anda dan lebih mudah memasukkan pesan yang penting dalam memori mereka.

8- Ada kalanya Anda perlu berinteraksi, untuk hal ini Anda boleh mendekat ke audiens dan mengajak mereka berinteraksi dengan sopan.

9- Saat audiens merasa materi Anda berat untuk diterima, atau saat audiens menghadapi pertanyaan yang tampak sulit, maka permudah mereka. Caranya dengan mengawali dengan senyum, memberikan petunjuk dengan perlahan sehingga Anda dan audiens memiliki waktu untuk berpikir, lalu mengajak audiens berdiskusi atau Anda menjawab dengan melihat ke mata audiens.

10- Gunakan bahasa tubuh positif. Misalnya, menghindari menunjuk audiens dengan telunjuk, namun persilahkan mereka dengan tangan terbuka. Tetaplah tersenyum. Mendekat ke audiens bila diperlukan. Dan terus berlatih untuk menyempurnakan jam terbang presentasi Anda.

Nah, itulah 10 tips body language untuk presentasi Anda. Semoga pembahasan ini bisa membantu meningkatkan performa Anda. Oya… jika Anda ingin berlatih lebih dalam tentang hal ini, saya dan tim Kreasi Presentasi akan sangat senang membantu Anda dalam pelatihan teknik presentasi Amazing Presentation Delivery dan pelatihan Gestur Bahasa Tubuh Amazing Body Languange. Silakan hubungi Bu Isti di 0857 3333 0407 untuk sinergi dan informasi lebih lanjut.

Salam Amazing.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.