BLOG

Tetap Fit Saat Presentasi

Seminggu kemarin saya dituntut untuk memiliki kebugaran fisik yang fit, setelah lebih dari 12 jam perjalanan udara dan darat, saya harus mengisi inhouse 3 hari di Bogor. Setelah itu, saya terbang ke Surabaya, untuk mengecek kelengkapan CV. Kreasi Presentasi, hingga kembali ke Jakarta, mengunjungi Wanna be Trainer dan langsung terbang ke Jepang. Saya pun mulai berpikir, andai di Jepang saya tidak terbiasa makan makanan yang alami, berjalan dan bersepeda kesana kemari, mungkin fisik saya tidak akan kuat untuk menjalaninya. Selain itu, saya pun sering membaca dan sharing tips tetap fit saat presentasi, sehingga tahu sela-sela waktu yang saya miliki untuk dipakai beristirahat. Nah, kali ini saya akan sharing dengan Anda tentang tetap fit saat presentasi, tips ini juga bisa Anda pakai untuk menjaga kebugaran ketika bekerja. Silakan disimak.

  1. Rajinlah berolah raga. Berolah raga yang cukup akan membuat tubuh Anda tetap fit saat presentasi. Ingat ya, olah raga yang cukup, bukan berlebih. Olah raga ringan seperti joging, berjalan dan bersepeda santai bagus untuk menjaga stamina. Ini perlu dilakukan setiap hari. Sedangkan olah raga berat, seperti angkat besi dan lari sprint, cukup Anda lakukan maksimal 2 hingga 3 kali dalam satu minggu. Olah raga berat bukan untuk stamina, namun untuk menjaga elastisitas otot.
  2. Hara Hachi Bu. Ini adalah istilah bahasa Jepang yang artinya makanlah sebelum kenyang atau makan hingga sekitar 80% perut kita terisi. Perut yang terisi penuh akan membuat saluran pencernaan bekerja ekstra keras, sehingga vitamin dan mineral terserap tak sempurna. Oleh karena itu, cukup 80% saja perut kita yang terisi, sehingga vitamin dan mineral tubuh terserap dengan baik tanpa timbunan lemak berlebih. Hara Hachi Bu, juga sangat baik untuk Anda yang ingin punya bobot tubuh ideal tanpa diet yang ketat.
  3. Perbanyak Makanan Alami. Perlu disadari bahwa saat ini kita sangat jarang makan bahan-bahan alami seperti sayur dan buah. Sebagian besar makanan yang masuk, merupakan makanan yang telah diolah dulu atau memiliki zat tambahan yang mengurangi kandungan gizi makanan. Memperbanyak makanan alami yang mengandung vitamin, mineral maupun protein sangat baik untuk kebugaran tubuh. Oya, selain itu biasakan membudayakan makan dengan urutan yang benar, seperti makan buah sebelum makan makanan pokok, mengunyah makanan 20 hingga 30 kali maupun memperbanyak minum air putih, akan bisa mensupport kesehatan kita.
  4. Beristirahat yang Cukup. Bekerja adalah kewajiban, namun tubuh kita juga punya batasan. Tubuh kita memiliki hak untuk beristirahat. Maka jika jadwal presentasi atau pekerjaan Anda penuh, gunakan waktu-waktu di sela-sela pekerjaan untuk memejamkan mata, seperti saat Anda berada di dalam pesawat, atau saat Anda perjalanan darat yang jauh, ini akan menjaga ritme kondisi fisik tubuh. Batasi keberadaan Anda di forum ketika pekerjaan telah usai. Misal menyetel alarm pada jam 22.30, untuk mengingatkan Anda waktunya beristirahat. Memaksakan fisik tidaklah baik, karena esok, Anda juga dituntut memiliki tubuh yang fit.

Nah, itulah 4 tips dari saya tentang tetap fit saat presentasi, 4 hal ini juga telah saya terapkan untuk menjaga kondisi fisik, karena seringnya mengisi pelatihan Amazing Slide Presentation di  Jepang dan Indonesia, saya juga dituntut tetap sehat untuk menjalani aktifitas sehari-hari yang padat.

Semoga bermanfaat. Salam Amazing.

Hara Hachi Bu.

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

  • Ai

    Presentasi Amazing Slide Presentation di Jepang dmn Pak?

    Reply

Post a comment