Tetap Fit Presentasi Saat Ramadhan

Tetap fit presentasi di bulan Ramadhan, bagaimana caranya? Jika Anda seorang presenter atau trainer yang memiliki jadwal rutin presentasi, atau Anda seorang staf di perusahaan yang harus kesana kemari untuk memperkenalkan produk perusahaan Anda, tantangan terbesar di bulan suci adalah tetap fit presentasi saat ramadhan tiba. Mengapa harus tetap fit? Pertama, karena modal utama presentasi adalah lisan kita. Jika kondisi kita tidak fit, maka akan berpengaruh dalam performa. Yang kedua, presentasi mengeluarkan energi yang tidak sedikit. Kita tidak hanya menyampaikan materi, namun juga mempersuasi audiens sehingga setuju dengan apa-apa yang kita sampaikan. Ini tentu menguras stamina. Oleh karena itu tetap fit presentasi saat ramadhan wajib bagi presenter.

Presentasi saat di bulan puasa dengan presentasi saat kondisi biasa tentu tidaklah sama. Sebagai contoh, dari akhir Mei hingga pertengahan Juni 2015, saya dan tim Kreasi Presentasi disibukkan oleh workshop publik Amazing Slide Presentation (workshop desain slide presentasi) dan Amazing Slide MiniMAX (workshop infografis dan visual marketing). Selain itu 11 – 13 Juni kemarin Workshop ASP diinhousekan di BNI Life Petamburan.

Amazing Slide Presentation batch 23, Jakarta 6 – 7 Juni 2015

Amazing Slide Presentation batch-2 BNI Life, 11 – 13 Juni 2015

Nah, di bulan-bulan biasa, workshop dan presentasi ASP maupun ASM, masih menggunakan format reguler, dengan 2 kali coffee break dengan 1 kali lunch. Format ini menjaga semangat dan stamina audiens dalam mengikuti workshop. Berbeda halnya saat di bulan puasa, coffee break dan lunch ditiadakan. Tentu ini berpengaruh dalam stamina presenter maupun audiens. Apalagi di bulan Ramadhan ini, akan ada CSR Kreasi Presentasi di berbagai kota, selain itu akan ada inhouse di PT. Astra Honda Motor (AHM) di Sunter, Jakarta. Dengan adanya pelatihan slide maupun pelatihan presentasi tersebut, kami harus pandai-pandai menjaga stamina. Nah, bagaimana tips tetap fit presentasi saat ramadhan? Ini tipsnya:

1- Persiapkan rundown acara jauh-jauh hari.

Ada presenter yang self employed, ada pula presenter yang punya tim. Jika Anda self employed, diundang presentasi kesana kemari, maka di bulan Ramadhan, siapkan semua jauh-jauh hari, mulai tools, tiket, administrasi hingga fisik Anda. Tentu akan lebih baik jika Anda memiliki tim yang mempersiapkan semuanya, sehingga presentasi Anda kian maksimal di bulan puasa.

2- Konsumsi multivitamin saat sahur dan berbuka.

Jangan ragu mengkonsumsi multivitamin saat sahur dan berbuka. Tentu yang lebih baik adalah buah dan sayur alami. Madu juga bisa jadi alternatif multivitamin alami. Namun, jika terpaksa, multivitamin bisa menyegarkan diri Anda setelah seharian presentasi atau akan mempersiapkan presentasi. Dua vitamin utama yang Anda butuhkan supaya tetap fit presentasi saat ramadhan adalah vitamin C dan vitamin B. Konsumsi pula air putih yang banyak supaya terhindar dari dehidrasi.

Jadwal Pakar Slide dan Kreasi Presentasi Juli – Agustus 2015

3- Jangan forsir diri, berhentilah beraktifitas maksimal jam 22.

Bulan puasa adalah bulan ibadah. Kerja pun adalah ibadah. Namun jangan lupa, bahwa ada ibadah-ibadah individu yang juga mulia untuk dilakukan, seperti memperbanyak sholat sunah, tarawih, membaca Qur’an dan i’tikaf. Jangan sampai fokus kerja untuk presentasi membuat Anda melalaikan itu semua. Oleh karena itu bijaklah membagi waktu, karena esok Anda harus sahur dan kembali beraktifitas. Selesaikan semua aktifitas sebelum jam 10 malam. Setelah itu beristirahatlah.

4- Olah raga ringan setiap habis sahur.

Hindarkan diri untuk tertidur kembali setelah sahur dan sholat subuh. Banyak yang menyebut tidur setelah subuh tidaklah produktif, karena jangka waktu sangat singkat dan menguras stamina. Lebih baik Anda melakukan olah raga ringan seperti berjalan atau lari-lari kecil, sebentar saja, sekitar 15 menit. Olah raga ringan bisa melatih fisik dan stamina Anda. Setelah itu Anda bisa mempersiapkan kegiatan kerja Anda selanjutnya dengan stamina yang lebih baik.

5- Latihan presentasi ringan usai tarawih.

Jika presentasi memang bagian dari profesi Anda, maka teruslah berlatih setiap hari, termasuk juga saat bulan ramadhan. Ini membuat konsentrasi Anda pada materi presentasi tetap konsisten dan stabil. Ringan saja, cukup dengan mengingat-ingat kembali slide materi Anda, dan mengulang teknik penyampaiannya.

CSR Kreasi Presentasi Ramadhan 2015

Nah, inilah 5 tips tetap fit presentasi saat ramadhan, semoga bermanfaat untuk Anda dalam menjalankan ibadah puasa sekaligus dalam bekerja. Oya, Kreasi Presentasi mengundang lembaga pendidikan dan sosial untuk bergabung dengan kegiatan CSR kami, berupa pelatihan gratis selama 3-4 jam, silakan hubungi office Kreasi Presentasi (031) 9989 0044 saat jam kerja. Dan kami juga punya agenda pelatihan infografis setelah hari raya, Anda bisa inden sekarang dengan harga sangat terjangkau, mumpung masih early bird.

Untuk proposal penawaran dan pendaftaran silakan hubungi Kreasi Presentasi (Bu Isti) di 0857 3333 0407 atau WA 08123 576 3366.

Salam Amazing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.