Tetap Aman Saat Meeting Online

Tetap Aman Saat Meeting Online

Saat ini meeting online sudah menjadi kebiasaan baru. Rapat, presentasi hingga menawarkan produk melalui pertemuan virtual sudah jadi new habit. Di satu sisi, hal ini bisa menjadi solusi produktifitas yang selama ini sempat turun karena wabah Virus Korona. Namun di sisi lain, masalah kemanan menjadi isu penting. Baik untuk akun email, jejaring sosial hingga komputer dan smartphone kita sendiri.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, saya akan share tips tetap aman saat meeting online. Bagaimana menjaga akun dan isi rapat kita tetap save meskipun menggunakan jaringan internet. Apa saja tips supaya tetap aman saat meeting online? Berikut penjelasannya:

1- Jangan Bagikan Meeting ID, Link & Password Sembarangan

Ketika Anda mendaftar sebagai member di software meeting online seperti Zoom, Anda akan mendapatkan nomor ID khusus untuk ruang rapat Anda. Jangan bagikan ID tersebut kepada orang lain. Cukup Anda sendiri yang tahu. Demikian pula dengan link serta password meeting room Anda. Jangan dibagikan di WA atau sosial media secara terbuka. Kecuali di grup tersebut membernya sudah tersaring. Hal ini sangat penting untuk tetap aman saat meeting online.

2- Saring Peserta dengan Waiting Room

Umumnya sofware meeting online saat ini memiliki “Waiting Room” untuk menyeleksi peserta yang masuk. Akun yang masuk ke meeting online, tidak akan bisa mengikuti meeting ketika tidak diizinkan oleh administrator. Kit wajib memberikan daftar peserta meeting online ke admin sehingga dia dapat menyaring siapa saja yang masuk ke pertemuan online tersebut.

3- Pastikan Jaringan Terenkripsi

Ketika Anda menelpon atau video call via WA, maka akan ada tulisan “enkripsi end-to-end”. Ini artinya baik video maupun telepon Anda tidak bisa dibaca oleh siapapun bahkan oleh pihak penyedia layanan sendiri. Hal ini berbeda dengan Zoom. Rumor yang berkembang dari tulisan Intercep, Zoom masih memiliki problem enkripsi. Memang video tidak bisa dibaca oleh orang lain, namun masih bisa dibaca oleh penyedia layanan. Oleh karena itu berhati-hatilah menggunakan software ini, terutama untuk hal-hal yang sifatnya rahasia ataupun restricted.

4- Minta Peserta Gunakan Nama Asli & Mengaktifkan Video

Hal ini remeh, namun sangat membantu Anda mengawasi para peserta. Jika ada hal-hal yang tidak diinginkan seperti konten meeting yang bocor, atau file meeting online yang terpublish ke khalayak umum, Anda bisa mengantisipasinya dengan mengetahui satu per satu peserta. Aktivasi video juga bisa membantu Anda memantau pergerakan peserta via meeting online. Dengan demikian kita bisa tetap aman saat meeting online.

5- Update Software Anda

Pada 1 April 2020 Zoom melaporkan bahwa mereka telah menyelesaikan problem hacking yang terjadi pada kamera Apple Macintosh dan login Windows. Inilah salah satu alasan pentingnya mengupdate software Anda. Pihak penyedia akan bertanggung jawab menyelesaikan problem usernya, dan itu ada di dalam paket update.

6- Sign Out dan Mengganti Password Berkala

Sangat penting untuk tetap sign out setelah meeting online. Selain itu, kita wajib mengganti password akun meeting online kita secara berkala. Sebenarnya bukan hanya akun meeting online, akun sosial media dan email, passwordnya juga perlu diganti berkala untuk menjaga keamanan Anda.

Nah, inilah 6 tips tetap aman saat meeting online. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Oya, silakan follow IG @PakarSlide untuk update jadwal, event dan tips infografis. Dan silakan hubungi Mbak Ayu 08123 271 6030 untuk pemesanan template Powerpoint 1000 slide yang bisa Anda dapatkan hanya dengan 220 ribu rupiah saja.

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment