BLOG

Teknik Memilih Gambar Slide Presentasi

Dalam buku Amazing Slide Presentation yang saya tulis, ada 3 komponen dasar yang menyusun harmoni slide presentasi, yaitu gambar, font dan warna. Dari 3 komponen tersebut, gambar adalah salah satu faktor terbesar melekatnya pesan yang Anda sampaikan ke dalam benak audiens. Untuk itu, kita perlu memahami bagaimana teknik memilih gambar slide presentasi dengan tepat. 7 teknik ini saya ambil dari artikel yang ditulis oleh Tom Howell, salah satu desainer di Synapsis Creative. Berikut adalah teknik memilih gambar slide presentasi dengan tepat:

1- Pilih Gambar yang Bercerita

Ada dua maksud dari gambar yang bercerita; pertama, sesuaikan gambar Anda dengan konten slide presentasi. Misal, jika slide presentasi Anda menjelaskan tentang visi sebuah perusahaan, maka kita bisa memasukkan gambar siluet pebisnis dengan gambar beragam gedung di belakangnya, seperti tampilan di bawah ini. Kedua, usahakan Anda mengambil insight dari gambar tersebut lalu menceritakannya ke audiens.

2- Pilih Gambar yang Unik

Gambar yang unik adalah gambar yang istimewa. Misalnya, saat Anda presentasi, Anda menceritakan tentang kisah hidup Anda. Maka Anda bisa memilih foto jadul milik Anda sendiri. Foto tersebut pasti unik, karena hanya Anda yang punya dan langsung terkoneksi dengan cerita Anda. Dengan menggunakan foto yang unik, Anda telah berhasil memasukkan pesan ke dalam memori audiens. Berikut salah satu contoh foto unik saya bersama guru saya Garr Reynolds, istri beliau dan rekan-rekan saya di TEDx Kyoto 2014.

3- Pilih Gambar yang Memudahkan Pemahaman

Misalnya, Anda menjelaskan tentang kasih sayang Ibu kepada anaknya, maka gambar di bawah ini bisa menjelaskan makna kasih sayang dengan ribuan kata-kata. Beberapa ciri gambar yang memudahkan pemahaman adalah berhubungan langsung dengan makna, jika manusia gambar tersebut melakukan aktifitas sesuai dengan makna dan pilih gambar dengan tampilan close up atau mendekat ke arah audiens.

4- Pilih Gambar Berkualitas Tinggi

Ada 4 website yang saya sarankan kepada Anda untuk mendapatkan gambar dengan kualitas tinggi, yaitu: Pixabay.com; Pexels.com; Foter.com dan Unsplash.com. 4 website tersebut menyediakan gambar-gambar dengan kualitas tinggi yang saya yakin sangat dibutuhkan dalam presentasi.

5- Perhatikan Hak Cipta

Gunakanlah gambar yang aman dari klaim hak cipta. Hindari menggunakan gambar dari Google Image yang belum pasti gratis dan bebas dari klaim hak cipta. 4 website yang saya sebutkan di tips sebelumnya adalah web yang aman untuk mencari gambar kualitas tinggi, royalti free dan gratis. Meski demikian saya tetap menyarankan untuk menambahkan nama pemilik gambar untuk dicantumkan dalam pustaka presentasi Anda, untuk menghormati mereka yang telah menyediakan gambar untuk presentasi Anda.

6- Utamakan Simplicity

Simplicity dalam gambar artinya, gambar tersebut fokus terhadap satu atau dua obyek yang ditampilkan di dalamnya. Dengan gambar yang fokus, akan timbul kesan pesan yag simpel, mudah dan sederhana.

7- Pilih Gambar yang Mendorong Audiens Call to Action

Dan yang terakhir dari teknik memilih gambar slide presentasi adalah memilih gambar yang mendorong audiens call to action atau bertindak. Usaha apa yang audiens akan lakukan setelah mendengar presentasi Anda. Misal, ketika saya menampilkan foto workshop Amazing Slide, saya selalu menambahkan nomor kontak dan web, di bawah foto tersebut supaya audiens bisa langsung searching dan lanjut dengan call to action. Atau ketika Anda menyampaikan slide penutup, usahakan menunjukkan pula nomor kontak Anda.

Nah, itulah 7 teknik memilih gambar slide presentasi dengan tepat. Musah-mudahan artikel ini bisa membantu presentasi Ana menuju ke level berikutnya.

Nah, bagi Anda yang ingin belajar bareng dengan saya dan tim Kreasi Presentasi di workshop infografis, videografis maupun slide profesional, silakan hubungi Bu Isti di 0857 3333 0407.

Dapatkan juga buku seri Amazing Slide dengan mengklik gambar berikut, salam Amazing.

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment