BLOG

Teknik Membuat Explainer Video

Informasi berbentuk visual atau infografis yang selama ini statis makin bergembang dengan adanya animasi dan motion infographic. Muncullah sebuah istilah baru, yaitu explainer video. Apa itu explainer video? Explainer atau video penjelasan adalah sebuah video animasi pendek yang menceritakan tentang sebuah konsep, gagasan untuk meyakinkan audiens. Berikut contoh video penjelasan, tentang pergerakan dalam presentasi.

Menurut Moovly, explainer video memiliki kelebihan dibanding tampilan statis, pertama adalah meningkatkan minat audiens untuk lebih mengenal ide Anda, atau malah bahkan membeli produk Anda. Sebuah riset menunjukkan bahwa explainer video meningkatkan konversi pembelian produk. 85% audiens membeli produk setelah melihat explainer video. Oleh karena itu sangat penting mengetahui bagaiman teknik membuat explainer video.

Kedua, explainer video meningkatkan Google rank dari website Anda. Menurut Shawn Forno, keberadaan explainer video meningkatkan Page Rank Google Anda menjadi 53x lebih tinggi. Oleh karena itu lagi-lagi sangat penting mempelajari teknik membuat explainer video.

Lalu bagaimana teknik membuat explainer video yang benar? Ada 4 tips dari kami yang akan kami sharing dengan Anda.

1- Buat skrip video dan sketsanya

Langkah pertama teknik membuat explainer video adalah menyusun skrip video dan sketsanya. Skrip video adalah narasi yang akan Anda gunakan dalam video, baik yang tertulis maupun yang diucapkan. Pastikan durasi skrip optimal. Antara 3 sampai 5 menit saja. Buat juga sketsa video yang berisi gambar apa saja yang diperlukan, penempatan, pergerakan video, icon dan lain sebagainya.

Penjelasan lebih dalam tentang narasi dan sketsa bisa Anda baca di buku Amazing Slide Videographic. Klik saja link di bawah ini untuk pemesanannya.

2- Tentukan software yang Anda pakai

Ada beberapa software yang bisa Anda gunakan untuk membuat explainer video. Tiga software yang saya rekomendasikan adalah Adobe After Effect, Animiz dan Powerpoint. Kuasai dan mulailah menyusun video explainer Anda. Untuk kelebihan dan kekurangan masing-masing software akan saya bahas di artikel berikutnya.

Oya, khusus untuk Powerpoint, saya dan tim Kreasi Presentasi siap membantu Anda untuk mempraktikkan teknik membuat explainer video dalam training Powerpoint & explainer video, Amazing Slide Videographic yang sudah terbukti di berbagai BUMN, kementerian dan perusahaan swasta. Silakan hubungi Bu Isti di 0857 3333 0407 (WA available).

3- Buat animasi dan rekam voice over

Membuat animasi video explainer bisa dilakukan dengan menggunakan software yang saya sebut di atas. Selain menyusun animasi, menentukan timing, Anda juga harus bersiap membuat rekaman narasi dari video Anda. Perlu diingat, karena bentuk visual yang Anda tampilkan adalah video, maka teks wajib dikurangi lalu memperbanyak narasi berupa audio.

4- Tentukan background audio lalu convert

Tips terakhir untuk teknik membuat explainer video adalah menentukan background musik dan konversi file video menjadi bentuk mp4. Alangkah lebih baik kalau background musik yang Anda pilih tidak memiliki hak cipta, plus hanya berupa instrument tanpa lirik. Jika keempat teknik membuat explainer video tadi sudah Anda lakukan, maka video explainer Anda siap untuk di share, baik dalam presentasi maupun tampilan visual lainnya.

Moga tips ini bermanfaat bagi Anda.

Salam Amazing.


TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

  • Menyusun Skrip Narasi Videografis - Kreasi Presentasi

    […] Penjelasan lengkap tentang apa itu explainer video dan cara membuatnya dapat disimak dalam tajuk Teknik Membuat Explainer Video karya Pakar Slide Dhony Firmansyah. Maka dari itu, penting untuk menguasai tips menyusun skrip […]

    Reply

Post a comment