BLOG

Syukuri Apa yang Ada

Tuhan menciptakan kehidupan manusia dengan rezekinya ada dua macam, yaitu rezeki yang berlebih dan rezeki yang cukup.” (dr. Andhyka Sedyawan – Amazing Mentor)

Kemarin, saya berbincang dengan istri hingga larut malam. Dia bercerita tentang betapa beratnya hidup seorang rekannya yang sama-sama berprofesi guru namun selalu mengeluh. Rekannya selalu merasa penghasilannya dalam sebulan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Karena itu dia harus berhemat. Tidak membeli sesuatu yang diinginkan, namun sebenarnya tidak dibutuhkan.

Sayangnya hemat yang dipahami oleh rekannya benar-benar kebablasan. Seorang guru seharusnya memiliki alat tulis yang cukup untuk aktivitasnya, namun ternyata sang rekan meminjam bolpoin kesana kemari. Demikian pula dengan penggaris, penghapus dan sebagainya. Padahal itu adalah barang-barang wajib bagi sang guru.  Akhirnya istri saya memberikan sebagian alat tulis yang dimiliki padanya. Meski tak seberapa, paling tidak ini membantu kegiatan belajar mengajar yang dia lakukan.

Mengapa rekan istri saya selalu merasa kekurangan? Ternyata rekan istri saya tadi sering mengatakan, “Okane ga nai.” Dalam bahasa Indonesia artinya “Saya tidak punya uang.” Jika ditanya, kenapa tidak punya ini dan itu. Dalam satu hari dia berkata lebih dari 10 kali pada rekan yang lain, pada siswanya dan pada orang-orang di sekitarnya. Padahal setahu saya, kata-kata kita adalah doa, jika kita ulang-ulang terus menerus, akan menjadi keyakinan yang akhirnya berwujud kenyataan.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment