BLOG

Supaya Materi Presentasi Memukau

Presentasi memukau. Untuk menghadirkan presentasi memukau ada 3 komponen yang harus dioptimalkan, yaitu materi atau konten, media presentasi dan delivery atau cara penyampaian. Kali ini kita akan membahas tentang konten atau materi presentasi. Isi presentasi adalah inti dari presentasi itu sendiri. Materi presentasi memukau sudah menjadi pemikat tersendiri untuk audiens. Oleh karena itu sangatlah penting bagi kita untuk mampu mengemasnya menjadi sebuah konten yang rapi dan terstruktur. Nah, berikut adalah kiat presentasi dari saya untuk menghadirkan materi presentasi memukau. Apa saja? Ini kiat presentasinya:

  1. Berikanlah headline atau judul yang memikat. Disadari atau tidak, judul adalah cover dari presentasi kita. Cover sangat penting. Penerbit buku saja menjadikan cover sebagai senjata andalan supaya buku dilihat oleh pengunjung toko. Produser film menjadikan cover dan judul film sebagai jurus pembuka supaya orang-orang berbondong ke bioskop. Nah, sama dengan seorang presenter, berikanlah judul yang memukau. Misal ada dua judul pelatihan, yang pertama, “Pelatihan Slide Presentasi untuk Meningkatkan Penjualan” dan yang kedua “Closing Selling dengan Desain Slide Kurang dari 2 Menit”, mana yang lebih menarik bagi Anda? Tentu yang kedua. Padahal bisa jadi materi pelatihannya sama, namun karena judul berbeda, kemungkinan besar antusiasme peserta juga berbeda.
  2. Tampilkanlah konten yang orisinil. Saya pernah memberikan presentasi dengan menggunakan materi milik orang lain, ternyata respek dari audiens bukan kepada saya, namun kepada pemilik materinya. Materi milik kita sendiri akan membuat kita lebih percaya diri dalam penyampaiannya. Materi yang orisinil juga meningkatkan value kita di mata audiens. Bagaimana supaya saya bisa punya materi yang orisinil? Caranya ada 2, yang pertama, bacalah banyak artikel dan merangkumnya atau yang kedua, tulislah buku. Bagi saya, cara kedua, menulis buku adalah cara paling efektif untuk membuat materi orisinil. Bahkan buku bisa membuat kita memiliki icon atau julukan tersendiri. Sebagai contoh, setelah saya menulis “Amazing Slide Presentation” banyak trainer dan audiens yang menyebut saya sebagai Pakar Slide Presentasi.
  3. Milikilah inti materi maksimal 5 item. Ini sering saya ulang-ulang. Salah satu oleh-oleh yang dibawa pulang oleh audiens adalah inti materi kita. Usahakan tidak lebih dari lima inti materi. Dalam “Amazing Slide Presentation” inti materinya hanya dua, yaitu Sederhana dan Optimal. Di buku saya yang lain “4 Cermin Flora” inti materinya ada 4 yaitu: Personalitas, Mentalitas, Moralitas dan Spiritualitas. Nah, dengan jumlah inti materi yang tidak terlalu banyak, audiens masih bisa menangkap inti materi dan menghapalnya. Sekaligus bercerita kepada rekannya yang tidak bisa hadir di presentasi kita. Terus terang cerita dari mulut ke mulut ini adalah marketing terbaik bagi kita dan materi presentasi kita.
  4. Dan yang terakhir, berikanlah contoh dan aplikasi yang dekat dengan audiens. Materi presentasi boleh saja umum, namun contoh dan aplikasi harus disesuaikan dengan audiens. Sebagai contoh, ketika saya memberi materi “Amazing Slide Presentation” di Tjiwi Kimia dan Sari Husada, memang materinya sama. Namun aplikasi desain slide presentasinya berbeda, sesuai dengan latar belakang corporate-nya. Sari Husada kesehatan dan gizi, sedang Tjiwi Kimia tentang kertas dan industri. Desain slidenya tentu berbeda. Demikian pula bagi Anda, pastikan Anda memberi contoh yang dekat dengan audiens. Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui dengan jelas latar belakang audiens supaya presentasi Anda kian memukau.

Baik, itu kiat presentasi atau tips presentasi memukau dari saya tentang materi atau konten presentasi yang wow, semoga bermanfaat bagi Anda. Dan teruslah berlatih untuk menjadi #PresentationExpert.

Slide bukan sekedar Alat Bantu

Dulu saya menganggap slide presentasi hanya sekedar alat bantu, namun sekarang tidak demikian. Kenapa demikian? Perlu kita ketahui untuk menyusun sebuah presentasi memukau dibutuhkan 3 hal. Yang pertama adalah konten materi, kedua adalah media presentasi (termasuk di dalamnya slide) dan ketiga adalah cara penyampaian. Ketiganya adalah satu kesatuan yang tidak …

Ngobrol dengan saya? Follow twitter saya @DhonyFirmansyah.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment