Slide Presentasi yang Mengubahmu

Bukan hanya presentasi memukau yang bisa mengubah cara pandang seseorang, slide presentasi pun bisa melakukannya. Anda bisa jadi peduli, sadar, empati, semangat hingga terenyuh hanya dengan menyaksikan slide presentasi berbicara. Hal ini saya buktikan saat menyaksikan slide presentasi “Zimbabwe in Crisis”, pemenang ketiga dari kontes slide presentasi dunia yang diadakan oleh Slideshare. Nanti Anda pun bisa melihat slide presentasi tersebut dengan mengklik tautan di bagian bawah tulisan ini. Saya pun berusaha merangkum tips desain slide presentasi dari slide “Zimbabwe in Crisis” sehingga bisa dipraktikkan dalam slide powerpoint Anda. Supaya slide Anda pun bisa mengubah audiens. Tips inilah yang saya bagi dengan Anda hari ini. Ya, inilah contoh slide presentasi yang mengubahmu.

Satu. Desain Alur Slide Presentasi

Saya yakin, desainer slide “Zimbabwe in Crisis” benar-benar mendesain alur presentasinya dengan baik. Diawali dari mengenalkan Negara Zimbabwe, keunggulannya hingga masalah yang dialami. Alur yang ditampilkan mengalir dengan baik selaras dengan gambar dan pesan di dalam slide. Nah, jika ingin audiens mengatakan, “inilah slide presentasi yang mengubahmu” maka, pertama yang harus Anda lakukan adalah mendesain alur slide presentasi.

Dua. Tampilkan Image yang Berbicara

Saya mengutip perkataan Jose Mourinho dalam buku Amazing Slide Presentation, bahwa “Satu gambar memiliki ribuan makna.” Setiap orang bisa mensikapi sebuah gambar berbeda-beda, nah tugas Anda sebagai desainer slide presentasi adalah menyamakan persepsi audiens terhadap gambar dengan pesan di dalam slide powerpoint. Di slide presentasi “Zimbabwe in Crisis” Anda akan melihat puluhan gambar full screen yang membuat Anda tersenyuh, bahwa nasib sebuah negara ada di tangan pemimpin. Ketika pemimpin mengutamakan kerakusan tanpa mempedulikan rakyat, inilah hasilnya. Salah satu akibatnya Zimbabwe mengalami krisis hiperinflasi yang luar biasa, hingga 1 dollar amerika bernilai puluhan milyar dollar Zimbabwe. Salah satu kunci slide presentasi yang berbicara adalah image yang digunakan, gunakan image yang full screen, orisinil dan berhubungan dengan pesan Anda.

Tiga. Jangan Hitung Jumlah Slide Anda.

Saya baru sadar, slide presentasi “Zimbabwe in Crisis” yang saya lihat beberapa menit, ternyata berisi 63 slide presentasi. Jumlah slide yang cukup banyak untuk bisa dilihat dalam beberapa menit saja. Namun disinilah kuncinya. Jangan hitung jumlah slide Anda, namun pastikan slide Anda diperhitungkan. Pastikan slide Anda berbicara dan punya makna. Lebih baik Anda mendesain 10 slide yang berpengaruh, daripada semua pesan dimasukkan dalam 1 slide namun tiada arti. Slide presentasi “Zimbabwe in Crisis” mungkin tidak memiliki estetika desain yang dalam, namun yang pasti ini slide presentasi yang mengubahmu.

Nah, itulah 3 tips desain slide presentasi yang saya rangkum dari slide “Zimbabwe in Crisis”. Slide presentasi yang mengubahmu. Jika ingin belajar slide presentasi yang berbicara, silakan ikuti Amazing Slide Presentation di tempat yang berdekatan dengan kota Anda melalui jadwal kami. Amazing Slide Presentation juga akan menjadi workshop internasional di Nagoya (Februari 2015) dan Tokyo (Maret 2015).

Inilah slide presentasi “Zimbabwe in Crisis”

Salam Amazing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.