BLOG

Slide Powerpoint 2 Bahasa

Bagaimana jika Anda harus presentasi di depan audiens dengan beragam latar belakang bahasa? Studi di luar negeri dengan berbagai mahasiswa asing? Pastinya Anda harus mempersiapkan presentasi lebih daripada ketika tampil di forum yang homogen dalam literatur kata. Seperti saya di Jepang, ketika saya presentasi, maka saya minimal menggunakan Bahasa Inggris atau Jepang. Anda pun, bila berada di Indonesia dan harus presentasi di depan orang asing, paling tidak Anda memakai Bahasa Inggris dan Indonesia. Lalu bagaimana dengan slide presentasinya? Apakah tetap menggunakan 1 bahasa saja?

Bagi saya, slide presentasi adalah untuk kepuasan audiens. Sungguh tidak adil jika kita menggunakan slide presentasi 1 bahasa jika audiens sangat heterogen. Maka sebaiknya kita mempersiapkan slide powerpoint 2 bahasa, selain mempermudah penyampaian pesan, audiens akan lebih respek kepada Anda sebagai pembicara, karena mau bersusah-susah mendesain slide bilingual. Nah, bagaimana caranya? Berikut tips dari saya:

1. Carilah background dengan space yang lebih lebar dari biasanya.

Jika di berbagai tips desain slide presentasi sebelumnya saya sering menjelaskan pentingnya ruang atau space yang lebar di slide presentasi, maka slide powerpoint 2 bahasa memerlukan space yang lebih lebar lagi. Hal ini tidak lain karena penggunaan 2 bahasa yang pasti lebih banyak memakan ruang dalam slide. Oleh karena itu, pastikan background slide Anda cukup jelas bagi audiens dalam membaca tulisannya.

Space yang lebar memudahkan Anda menempatkan teks pada slide bilingual.

2. Utamakan bahasa nasional berukuran font lebih besar.

2 bahasa memang penting, meski demikian Anda harus memiliki prioritas. Dalam slide powerpoint 2 bahasa ada dua macam bahasa yang digunakan. Yang pertama adalah bahasa nasional (negeri tempat Anda melakukan presentasi), dan yang kedua adalah bahasa terjemahan. Hormati bahasa nasional dengan menggunakan font berukuran lebih besar dan lebih visual dibanding bahasa terjemahan. Ini menunjukkan respek Anda pada bahasa ibu negara tersebut. Misal, saya presentasi di Jepang, maka huruf Jepang lebih dominan dibanding bahasa terjemahan (Inggris, misalnya).

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment