BLOG

Slide Infografis Perbandingan

Salah satu hal tersulit dalam menyusun infografis adalah mendapatkan ide tentang visualisasi slide presentasi yang tepat dan bagaimana membuatnya. Tak jarang seseorang yang membuat materi presentasi merasa stuck dan mengalami jalan buntuk ketika berhadapan dengan visualisasi slide infografis. Salah satu solusinya adalah lebih sering mencari referensi tampilan slide infografis yang tepat baik melalui template Powerpoint yang gratis maupun yang berbayar.

Dalam artikel ini saya akan mencoba membuka wawasan Anda tentang ide visualisasi infografis dalam slide presentasi. Teknik ini juga bisa Anda dapatkan dalam workshop infografis Amazing Slide Infographic bareng saya dan tim Kreasi Presentasi. Contoh slide presentasi yang saya tunjukkan adalah slide infografis perbandingan. Slide presentasi yang berisi komparasi dua hal. Berikut adalah beberapa contoh slide infografis perbandingan yang saya kutip dari Presentation Process:

1- Perbandingan Ide atau Gagasan

Slide infografis perbandingan pertama adalah tentang ide atau gagasan. Ide atau gagasan adalah sesuatu yang ditawarkan kepada orang lain, oleh karena itu tampilan slide infografis perbandingannya menunjukkan lingkaran ide yang dipegang dengan tangan terbuka, saling berhadapan, dengan warna berbeda:

Contoh perbandingan ide atau gagasan lainnya bisa Anda lihat dalam visualisasi berikut. Perbandingan ini melibatkan dua variabel dengan sisi berlawanan, seimbang dan warna yang berbeda:

2- Perbandingan Positif dan Negatif

Mirip dengan perbandingan ide atau gagasan, hanya saja bedanya terletak pada ikon plus dan minus yang ditampilkan sebagai penanda apakah hal tersebut punya ciri positif maupun negatif. Contoh ikon lain yang bisa dipakai adalah tanda centang dan silang ataupun tanda lingkaran dan silang. Berikut contoh slide infografis perbandingan nya:

3- Perbandingan Arah

Perbandingan arah umumnya didominasi oleh arrow atau panah yang menunjukkan arah yang saling berlawanan. Usahakan Anda juga menggunakan warna yang berbeda sehingga audiens dengan mudah memahami maksud slide infografis perbandingan Anda. Berikut contohnya:

4- Perbandingan Lainnya

Selain dari contoh slide infografis perbandingan di atas, Anda juga bisa menemukan jenis-jenis komparasi lainnya, misal antara masalah dan solusi, otak kanan-otak kiri, before aftar dan sebagainya. Untuk melengkapi referensi Anda, berikut adalah contoh slide infografis perbandingan yang dimaksud:

Demikianlah contoh 4 tipe slide infografis perbandingan yang bisa saya rangkumkan dalam artikel ini. Mudah-mudahan bisa membantu menambah referensi Anda tentang infografis.

Nah, bagi Anda yang ingin belajar slide presentasi profesional bersama saya dan tim Kreasi Presentasi, Anda bisa mengikuti jadwal public training Amazing Slide di Jakarta 7 & 8 April 2018 serta Surabaya 21 & 22 April 2018. Silakan anda menghubungi Mbak Ayu di 08123 271 6030 atau klik flyer di bawah ini untuk pendaftarannya.

Salam Amazing.

 

 

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment