BLOG

Slide bukan sekedar Alat Bantu

Dulu saya menganggap slide presentasi hanya sekedar alat bantu, namun sekarang tidak demikian. Kenapa demikian? Perlu kita ketahui untuk menyusun sebuah presentasi memukau dibutuhkan 3 hal. Yang pertama adalah konten materi, kedua adalah media presentasi (termasuk di dalamnya slide) dan ketiga adalah cara penyampaian. Ketiganya adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Ketika seorang presenter hanya mengutamakan konten materi tanpa media presentasi dan pola penyampaian yang bagus, maka presentasi akan membosankan. Media tanpa konten dan pola penyampaian hanya hiburan tanpa makna. Sedangkan penyampaian menghibur tanpa konten dan media seperti ngobrol ngalor ngidul tanpa isi.

Nah, sebagai presenter yang mengutamakan tersampainya ide, 3 hal tadi adalah sebuah kesatuan tanpa pemilahan. Sudah selayaknya seorang presenter memperdalam 3 hal tersebut, karena satu sama lain saling mendukung presentasi Anda.

Saya sendiri memperdalam slide presentasi, namun bukan berarti saya mengabaikan konten dan cara penyampaian. Untuk konten presentasi saya selalu membaca referensi terkemuka dan menuangkannya dalam tulisan. Alhamdulillah sudah ada 3 buku yang saya tulis. Sedangkan untuk penyampaian saya berguru pada Jamil Azzaini (inspirator SuksesMulia) untuk memperdalam delivery training saya. Desain slide presentasi sendiri saya pelajari dari Garr Reynolds, beliau telah memberi testimoni positif untuk buku Amazing Slide Presentation. Bagi Anda yang juga ingin memperdalam slide presentasi, bisa mengikuti workshop Amazing Slide Presentation.

Nah, sekarang bagi Anda yang selama ini berpresentasi, sudahkah Anda memperdalam ketiganya?

Salam Pemenang Kehidupan.

Testimoni Garr Reynolds untuk Amazing Slide Presentation

Amazing Slide Presentation, Jakarta

 

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment