BLOG

Skill Wajib Presenter

Menyampaikan presentasi yang mamukau dan mudah dipahami adalah kewajiban bagi tiap presenter. Untuk mewujudkannya, seorang presenter perlu mempelajari skill wajib presenter yang mendukung hal tersebut. Siapapun Anda, entah Anda seorang pelajar, karyawan yang ingin karirnya melejit, pebisnis startup yang memperkenalkan produknya, hingga guru dan dosen yang menjelaskan sebuah konsep, skill wajib presenter adalah hal mutlak yang kudu dimiliki oleh setiap orang yang ingin menyampaikan presentasi. Apa skill itu public speaking? Tentu, public speaking adalah dasar dari tiap presentasi. Namun dalam artikel ini, saya akan coba mendetailkan tahap-tahap presentasi dan skill menghadapinya.

Nah, apa sajakah skill wajib presenter tersebut? Berikut adalah ringkasan yang saya ambil dari SkillYouNeed.com:

1- Mempersiapkan Presentasi

Mempersiapkan presentasi adalah hal awal yang harus dihadapi oleh seorang presenter. Mempersiapkan presentasi maksudnya mengetahui data awal sebelum dirinya presentasi. Seperti tujuan presentasi, data audiens, materi yang dibutuhkan, lokasi presentasi dan sebagainya.

2- Mengorganisasi Materi Presentasi

Setelah tahu apa tujuan presentasi tersebut dan dampaknya bagi audiens, skill wajib presenter berikutnya adalah mengorganisir materi presentasi. Menyiapkan materi presentasi mulai dari opening, konten dan closing, disesuaikan dengan durasi presentasi. Tentukan tema yang clear dan materi yang terstruktur sehingga mudah dipahai audiens.

3- Menulis Narasi Presentasi Anda

Narasi presentasi bukan hanya teks monolog ketika presentasi sedang berlangsung. Narasi presentasi juga bisa berupa modul presentasi atau artikel yang dibagikan kepada audiens saat presentasi Anda berlangsung. Artinya seorang presenter juga harus mengetahui teknik penulisan yang baik dan benar.

4- Bekerja dengan Media Visual

Slide presentasi adalah salah satu media visual paling favorit saat ini. Seorang presenter paling tidak harus mampu mengoperasikan software presentasi seperti Powerpoint. Seorang presenter juga wajib memahami ilmu komunikasi visual sehingga slide yang ditampilkan mampu memukau dan mudah dimengerti. Untuk ini, saya dan tim Kreasi Presentasi siap membantu Anda dalam Workshop Amazing Slide Presentation.

5- Menyajikan Data

Kadangkala untuk mendukung materi presentasi sehingga tampak ilmiah dan by data adalah dengan menyajikan data, entah hasil riset, kutipan maupun hasil referensi lainnya. Untuk menyajikan data, seorang presenter harus tahu mana kunci-kunci yang wajib diketahui ketika menampilkan grafik maupun diagram. Bagaimana menyusun posisi data, menggunakan warna dan font sehingga berpengaruh, hingga optimalisasi data dengan infografis. Untuk ini, saya dan tim Kreasi Presentasi juga telah menyiapkan Workshop Amazing Slide Infographic untuk memperdalam tentang infografis dan visualisasi data untuk Anda. Silakan menghubungi Bu Isti 0857 3333 0407 untuk info lengkapnya.

6- Mengorganisir Acara

Kadangkala presentasi yang kita ikuti tidak sesuai dengan alur acara. Durasi presentasi yang awalnya panjang, gara-gara hal teknis seperti keterlambatan peserta, acara protokoler dan sebagainya, membuat panjang waktu presentasi kita tersita. Oleh karena itu seorang presenter wajib mengetahui teknik mengorganisir acara khususnya pada materi presentasi. Mana yang perlu disampaikan, mana yang harus di keep karena terbatasnya waktu.

7- Mengatasi Kegugupan

Skill wajib presenter berikutnya adalah mampu mengatasi kegugupan. Rasa gugup atau grogi bisa timbul dari banyak hal, salah satunya strata sosial audiens, atau jabatan audiens yang lebih tinggi. Seorang presenter harus mampu mengafirmasi dirinya sehingga kuat menghadapi tekanan mental kegugupan. Salah satu caranya adalah dengan sering berlatih tentang materi presentasi yang dimiliki.

8- Menghadapi Tanya Jawab

Terakhir, skill wajib presenter adalah teknik menghadapi tanya jawab. Seorang presenter harus tahu mana pertanyaan mudah, pertanyaan menengah atau pertanyaan yang sulit. Pahami kapan harus menjawab, kapan harus menolak atau kapan harus menganggapi dengan diplomatis. Untuk teknik menjawab pertanyaan, bisa disimak di artikel saya berikut ini (klik).

Nah, itulah 8 skill wajib presenter yang saya rangkum untuk Anda. Semoga bisa melejitkan presentasi Anda.

Salam Amazing.

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment