Sibuklah Mengembangkan Diri

Sudah sekitar 2,5 tahun saya mengembangkan perusahaan saya Kreasi Presentasi. Alhamdulillah, sudah lebih dari 50 corporate telah kami kunjungi, termasuk diantaranya Bank Indonesia, Bank Mandiri, dan Sari Husada. Kreasi Presentasi pun juga telah dikontrak dalam durasi panjang oleh beberapa corporate dan BUMN, seperti Astra Honda Motor, Badan Pusat Statistik dan PT. DHL Indonesia. Kerja keras dan usaha semua anggota tim Kreasi membuahkan hasil. Satu per satu doa kami pun dikabulkan. Pelatihan Amazing Slide menjelma menjadi salah satu workshop presentasi terbaik di tanah air.

Ketika bersilaturami, ada seorang sahabat yang bertanya pada saya, apa rahasia Kreasi Presentasi bisa sukses menembus banyak corporate dan BUMN? Saya pun tersenyum dan berkata padanya, “Di dalam tim Kreasi saya selalu menekankan sibuklah mengembangkan diri, jangan terlalu sibuk memperhatikan orang lain. Jika kita tidak punya impian sendiri, suatu saat Anda akan tersadar bahwa Anda menjadi bagian dari impian orang lain.”

Ya, terus sibuklah mengembangkan diri. Karena mengembangkan diri adalah investasi tiada batas dan tak ternilai. Jika Anda seorang trainer atau presenter, bikinlah materi Anda sendiri. Rangkailah materi orisinil yang memang mencerminkan pribadi Anda. Memang ada sejumlah orang yang ingin sukses dengan instan, mengcopas materi pelatihan orang lain dan kemudian mengklaim bahwa materi itu miliknya. Ketahuilah awal yang tak berkah, akan membawa hasil yang tak berkah pula. Dengan menyusun materi Anda sendiri, berusaha mencari referensi sendiri, berlatih dengan tekun, maka Anda akan memahami betapa uniknya pengalaman menyusun materi, hunting referensi dan berlatih sekuat tenaga.

Semakin banyak waktu Anda untuk banyak mengembangkan diri, maka makin banyak hal luar biasa yang bisa Anda lakukan. Sebaliknya, kian sedikit waktu Anda untuk sibuk melakukan hal-hal yang biasa dan bahkan yang negatif akan ditinggalkan jauh-jauh. Dan tahukah Anda, hal-hal negatif muncul jika kita memiliki terlalu banyak waktu yang luang, yang kosong dan tak tahu harus berbuat positif seperti apa. Lalu bagaimana cara supaya kita sibuklah mengembangkan diri? Ini 7 tips sederhana dari saya:

1- Bacalah buku baru minimal 1 bulan sekali. Cari buku yang ada hubungannya dengan potensi Anda, baca dan baca.

2- Susun jadwal kegiatan Anda per hari-nya sehingga agenda Anda terkontrol.

3- Cari hal-hal yang prioritas. Setiap orang pasti memiliki kesibukan. Pilih kesibukan yang urgen dan urutkan.

4- Fokuslah pada kebutuhan Anda bukan keinginan. Misal, Anda ingin menulis buku, maka luangkanlah waktu untuk menulis setiap hari. Jika ada keinginan yang muncul dan tidak urgen, misal menonton tivi, cobalah untuk meninggalkannya.

5- Milikilah reminder. Pengingat penting untuk mensukseskan program Anda untuk mengatur waktu sebaik mungkin. Reminder bisa berupa interface sebuah software atau reminder juga bisa berupa orang terdekat kita yang mengingatkan.

6- Bergabunglah dengan komunitas positif. Cari komunitas yang bisa menunjang pengembangan diri Anda. Jalin kerja sama dalam komunitas tersebut. Jangan ragu untuk meninggalkan sebuah komunitas yang negatif, oprtunis, menghamba harta, dan kontraproduktif dengan skill Anda.

7- Yang terakhir adalah memahami faktor-x yang bisa menghambat atau mensukseskan impian kita. Dekatkan diri kita pada Tuhan. Mintalah restu kedua orang tua. Izinlah pada keluarga jika ingin melakukan sesuatu di luar rumah. Tepatilah janji pada orang-orang terdekat Anda dan sebagainya.

7 tips ini saya rangkum dari berbagai sumber dan saya tulis supaya saya tetap sibuk mengembangkan diri. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda.

Salam Amazing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.