BLOG

Selektif dengan Nasihat

Dalam buku Fisiologi disebutkan bahwa semua rangsangan yang ada di sekitar tubuh manusia diterima oleh sel-sel neuron sensori di kelima indera manusia. Baik berupa rangsang cahaya, sentuhan maupun suara.

Sel-sel sensori tersebut kemudian membawa rangsang ke sistem saraf pusat yaitu otak dan memprosesnya. Rangsang yang dibawa semuanya sama, berupa beda potensial listrik yang mengalir melalui sel-sel saraf. Yang ajaib, meski dikirim dalam bentuk yang serupa, yaitu aliran listrik, namun otak ternyata mampu mengkode ulang dan membedakan tiap-tiap rangsang. Apakah itu sentuhan, cahaya, panas, ataupun suara.

Keajaiban pengiriman impuls saraf ini telah menjadi misteri selama puluhan tahun. Para ahli neurologi mencoba untuk menguak rahasia pengkodean impuls saraf, dari listrik menjadi berbagai macam bentuk rangsang. Namun keterbatasan manusia hanya mampu mengetahui proses tersebut sampai disini. Selanjutnya masih merupakan rahasia Tuhan.

Bila boleh saya terjemahkan, proses penerimaan rangsang hingga pengkodean oleh sistem saraf pusat bisa menjadi gambaran kehidupan manusia. Anda hidup di lingkungan yang memiliki berbagai macam tipe manusia. Masing-masing manusia memiliki karakter khas. Dan ketika berinteraksi mereka akan mengirimkan impuls rangsang berupa ucapan, nasihat maupun kritik.

Anda boleh berinteraksi dengan siapapun, jangan membatasi diri. Silakan terima impuls dari masing-masing orang. Namun Anda harus tetap memproses ulang informasi yang Anda terima. Tidak ditelan mentah-mentah begitu saja.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment